Saluran Pipa Induk PDAM Ciamis Bocor, Ini Penyebabnya

17/04/2017 0 Comments
Saluran Pipa Induk PDAM Ciamis Bocor, Ini Penyebabnya

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Ciamis, (haraparakyat.com),-

Tiga titik saluran pipa induk transmisi milik PDAM Tirta Galuh Ciamis yang menghubungkan sumber air di Gunung Cupu hingga Sindangrasa, bocor. Kebocoran terjadi sejak tanggal 15 April 2017, akibat tekanan air yang cukup tinggi saat hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis dalam beberapa hari terakhir ini.

Sedikitnya 3.000 pelanggan PDAM di wilayah perkotaan akan menggalami gangguan pasokan air selama satu minggu ke depan. Adapun tiga lokasi yang mengalami kebocoran pipa berdiameter 400 milimeter atau 16 inch itu diantaranya di sekitar gapura Selamat Datang Ciamis, kemudian di Ciwahangan dan di dekat Taman Pahlawan.

Direktur PDAM Tirta Galuh Ciamis, Cece Hidayat, Senin (17/04/2017), mengatakan, setelah mengetahui adanya kebocoran, pihaknya langsung melakukan pengecekan dan perbaikan. Namun, perbaikan diprediksi bisa selesai sekitar 10 hari ke depan.

“Selama dalam perbaikan, otomatis aliran air baku dari Gunung Cupu dihentikan. Saat ini PDAM kembali menggunakan aliran dari Sungai Cileueur. Hanya saja pasokan air diprediksi turun sebesar 50 persen. Biasanya PDAM membutuhkan debit air sampai 180-200 liter per detik, tapi sekarang hanya sampai 100 liter per detik,” terangnya.

Cece juga menjelaskan, bahwa pelayanan yang terganggu itu kebanyakan tempat yang lokasinya di dataran tinggi. Sedangkan, di tempat yang datar aliran air PDAM masih normal.

Sejumlah daerah yang diprediksi mengalami gangguan pasokan air di wilayah perkotaan meliputi Perum Korpri, PIP, Ciharalang, Baregbeg, Kedungpanjang, Pakuncen, Cigembor, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Juanda, Rancapetir, Pasirdatar, Pawarang, Liunggunung, Pasirangun, Jalan Cipto, dan Lemburbalong. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!