Seni Pantomim Mulai Digandrungi Anak-anak Banjar

08/04/2017 0 Comments
Seni Pantomim Mulai Digandrungi Anak-anak Banjar

Sejumlah murid di SD Negeri 8 Banjar, tampak sedang berlatih seni pantomim yang dipandu oleh dua orang pelatih. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Seni pantomim adalah seni yang penyampaiannya tidak menggunakan dengan kata-kata namun dengan gerak-gerik bahasa tubuh, bahkan cenderung bisu. Di Kota Banjar, seni pantomim kini mulai digandrungi kalangan muda, bahkan hingga anak belia.

Seperti yang dilakukan siswa-siswi SD Negeri 8 Banjar, setiap sore anak-anak di sekolah tersebut terus berlatih pantomim arahan dari pelatih Gun Gun dan Panji. Meski masih usia belia, namun mereka berbakat dalam melakoni seni peran pantomim.

“Dalam seni pantomim ini kebanyakan dari orang-orang yang suka berimajinasi, dan juga memiliki karakter yang universal,” kata Gun Gun, saat ditemui Koran HR, Senin (03/04/2017) lalu, di sela-sela latihan.

Namun, si sisi lain pantomim pun bisa membawa manfaat, seperti kecerdasan, kejujuran, dan dapat menghibur setiap orang. Menurut Gun Gun, bermain peran pantomim memang menyenangkan karena bisa membuat orang tertawa.

Hal senada dikatakan Panji, yang mengaku mulai menggandrungi seni pantomim sejak tahun 2010. Namun, pada saat itu di Banjar belum ramai seperti sekarang ini. “Sangat menyenangkan kalau sedang melakoni seni pantomim, karena bahasa yang dikeluarkan hanya dari gerak-gerik tubuh saja, tanpa adanya suara,” terang Panji.

Sementara itu, Anggi (10), siswi kelas 5 SD Negeri 8 Banjar, mengaku senang dengan adanya latihan peran pantomim. Karena menurutnya, dari pantomim dapat mengajarkan kejujuran, sebab seni pantomim tidak pernah mengeluarkan kata-kata dan hanya dari gerakan dan ekspresi tubuh. Ia sendiri baru mengikuti latihan seni ini 3 kali.

Wali Kelas III SD Negeri 8 Banjar, Dede, mengungkapkan, bahwa dirinya sangat senang dengan seni peran pantomim yang diarahkan oleh kedua seniman muda asli Banjar tersebut. Menurut dia, selain unik dan bermanfaat, seni pantomim juga bisa menyehatkan jasmani dan rohani.

“Dengan serius belajar pantomim, pasti banyak manfaatnya, terutama dalam melatih kecerdasan otak dan kesabaran,” kata Dede. tuturnya. (Hermanto)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!