Siap-siap, Facebook Gencar Memburu Akun Palsu di Indonesia

18/04/2017 0 Comments
Siap-siap, Facebook Gencar Memburu Akun Palsu di Indonesia

Foto: Net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Perusahaan raksasa Facebook tengah gencar-gencarnya menindak tegas akun palsu yang digunakan untuk menyebarkan berita bohong atau hoax.

Setelah mengklaim berhasil menghapus 30 ribu lebih akun palsu di Prancis, kini Facebook juga tengah menyusuri akun yang ada di Bangladesh, Arab Saudi, Indonesia dan Negara lainnya.

Dengan cara mempersulit pembuatan akun palsu yang digunakan penyebaran berita hoax, Facebook juga akan mengenali akun yang melakukan aktifitas posting konten yang sama maupun berulang-ulang.

“Jelasnya, kampanye ini menggunakan cara mengumpulkan teman baru di Facebook dengan me-like dan berinteraksi dengan page populer pada platform kami. Setelah itu barulah mereka mengirim spam,” tulis Shabnam Shaik, technical program manager Facebook dalam postingannya seperti yang dikutip HR Online dari Cnet.

Lebih jauh, Shabnam menemukan fakta bila pembuatan akun palsu tersebut masih menggunakan cara tradisional. Namun, cara yang digunakan terbilang canggih dengan mencoba memanipulasi fakta dengan operasi yang terkoordinasi.

Selanjutnya, Shabnam menyebutkan akun palsu maupun bot merupakan masalah yang kerap dialami semua jejaring media sosial, termasuk Facebook. Dalam catatannya, tahun 2014 silam Facebook memprediksi jika 67,6 juta sampai 137,8 juta akun yang ada adalah akun palsu. Padahal, saat ini Facebook memiliki sekitar 1,86 miliar pengguna.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Southern California dan Indiana University, Twitter juga pernah mengalami hal yang sama, yakni sekitar 15 persen dari 319 juta pengguna aktif merupakan bot. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!