Tanggul Irigasi di Sindangrasa Ciamis Jebol, Rumah Warga Terendam Banjir

05/04/2017 0 Comments
Tanggul Irigasi di Sindangrasa Ciamis Jebol, Rumah Warga Terendam Banjir

Tanggul saluran irigasi yang berada di Lingkungan Tanjungmanggu, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, atau tepatnya di jalan Cirahong, jebol, hingga merendam permukiman penduduk. Foto: Istimewa/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tanggul saluran irigasi yang berada di Lingkungan Tanjungmanggu, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, jebol, saat terjadi hujan deras yang mengguyur wilayah Ciamis tadi sore, Rabu (05/04/2017). Akibatnya, sejumlah rumah warga yang berada di sekitar aliran irigasi terendam banjir.   

Menurut Hilmawan, warga setempat, jebolnya tanggul diduga akibat tumpukan sampah yang berada di bawah jembatan menyumbat aliran air dari saluran irigasi. Karena tersumbat inilah menyebabkan saluran irigasi meluap dan menggerus tanggul hingga akhirnya jebol.

“Selain karena tersumbat sumpah, tingginya debit air di saluran irigasi menyusul terjadinya hujan deras ikut mempengaruhi jebolnya tanggul,” ujarnya.

Akibat tanggul jebol, kata Hilmawan, membuat air dari saluran irigasi tumpah ke permukiman warga. Tak sedikit rumah warga terendam banjir akibat peristiwa ini.

“Untuk mengantisipasi banjir semakin meluas, warga di sini melakukan gotong royong dengan membuat tanggul darurat dari karung yang berisi pasir. Hal itu untuk menyumbat air dari irigasi tidak membanjiri permukiman warga,” pungkasnya. (Bgj/R2/HR-Online)  

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!