Tanggul Jebol di Sindangrasa Ciamis Ditutup Puluhan Karung Berisi Tanah

06/04/2017 0 Comments
Tanggul Jebol di Sindangrasa Ciamis Ditutup Puluhan Karung Berisi Tanah

Tanggul saluran irigasi di Lingkungan Cibeureum, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang mengalami jebol, akhirnya bisa diantisipasi dengan ditutup menggunakan puluhan karung yang berisi tanah. Foto: Tantan Mulyana/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Setelah warga melakukan gotong royong yang dibantu petugas BPBD dan Tagana Kabupaten Ciamis, Rabu (05/04/2017), tanggul saluran irigasi di Blok Tanjungmanggu, Lingkungan Cibeureum, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang mengalami jebol, akhirnya bisa diantisipasi dengan ditutup menggunakan puluhan karung yang berisi tanah. 

Langkah ini tampaknya berhasil menahan luapan air akibat tanggul jebol. Setelah berhasil menutup luapan air, warga bersama petugas Tagana kemudian bergotong royong membersihkan rumah warga yang sebelumnya tergenang banjir.

[Berita Terkait:Tanggul Irigasi di Sindangrasa Ciamis Jebol, Rumah Warga Terendam Banjir]

Dari informasi yang dihimpun, sediitnya tiga rumah dan lima kolam milik warga tergenang banjir akibat tanggul jebol. Menurut Mimi, salah satu warga yang rumahnya tergenang banjir, dirinya kaget ketika mendengar suara gemuruh dari luar rumahnya. Hanya dalam hitungan detik dari muncul suara itu, tambah dia, tiba-tiba air bah masuk ke dalam rumahnya. “Saya kembali kaget ketika datang banjir. Karena saat itu tak terpikir tanggul irigasi jebol,” ujarnya.

Mimi menambahkan, rumahnya tergenang banjir ketika hujan deras sudah mereda. Dia pun tak menyangka tanggul yang mempunyai lebar 2 meter dan panjang 5 meter itu bisa jebol tergerus air. “ Kejadian ini baru pertama kali terjadi. Makanya, saya sempat aneh ketika hujan sudah reda, kok malah datang banjir,” ungkapnya.

Sementara itu, kerugian warga akibat tanggul jebol ini di taksir mencapai puluhan juta. Pasalnya, selain merendam rumah, banjir pun menyapu puluhan kwintal ikan di beberapa kolom milik warga. Selain itu, kandang ayam milik warga ikut tergenang banjir tersebut. (Tantan/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!