Tebing Batu Setinggi 10 Meter di Baregbeg Ciamis Longsor

12/04/2017 0 Comments
Tebing Batu Setinggi 10 Meter di Baregbeg Ciamis Longsor

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis dan sekitarnya mengakibatkan tebing batu setinggi kurang lebih 10 meter di Dusun Cilemor, Desa Kertaharja, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, tepatnya di jalur Tanjakan Madroni.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pada Minggu (09/04/2017) sore itu, namun material longsoran menutup jalan utama Sukadana-Baregbeg.

Rahmat Rinjani (24), warga Karangampel, Kecamatan Baregbeg, mengatakan, Tanjakan Madroni di Desa Kertaharja mengalami longsor sekitar pukul 16.00 WIB, setelah hujan deras menguyur.

Material longsor yang menutupi jalan dievakuasi warga menggunakan alat seadanya. Material longsor yang menutupi jalan bisa dibereskan walupun jalan yang bisa dilalui hanya dengan satu arah, dan pengguna jalan harus ekstra hati-hati.

“Bencana longsor memang tidak ada korban jiwa. Meski begitu, di kawasan tersebut sudah terjadi longsor untuk yang kedua kalinya. Mudah-mudahan tebing batu ini bisa dibangun tembok penahan,” ujar Rahmat.

Sementara itu, Opik Kurohman (35), salah seorang pengguna jalan asal Rancah, mengatakan, akibat longsor, tanjakan tersebut menjadi licin sehingga perlu penangan khusus, bahkan harus ada yang menjaga.

“Akses jalan Tanjakan Madroni bila malam hari sangat gelap, sehingga pengguna jalan yang nekad melintas akan kseulitan. Mobil saja harus dibantu warga untuk bisa naik, apalagi motor, pasatinya harus ekstra hati-hati,” kata Opik. (Heri/R3/HR-Online) 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!