Tempat Wisata Rujukan untuk Long Weekend di Kota Banjar, Mana Saja?

30/04/2017 0 Comments
Tempat Wisata Rujukan untuk Long Weekend di Kota Banjar, Mana Saja?

Puncak Pagerbatu yang terletak di Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Photo: Muhafid/HR

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Masih bingung mencari tempat wisata untuk mengisi long weekend atau liburan panjang di akhir bulan ini?.

Bagi warga Kota Banjar yang ingin mengisi long weekend dengan memanfaatkan destinasi wisata yang “murah meriah”, dan cocok untuk yang dompet yang pas-pasan tidak usah bingung. Di Kota Banjar sekarang ada tempat yang seperti itu lho.

Meski Kota Banjar bukan daerah wisata seperti Pangandaran, akan tetapi warga Kota Banjar masih bisa memanfaatkan liburan panjangnya kok, tanpa harus keluar kota.  

Berikut ini tempat wisata yang ada di Kota Banjar:

# Curug Penganten

Obyek wisata Curug Penganten berada di Dusun Sukamulya, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Suasana di lokasi wisata ini sangat nyaman dengan kesejukan dan keindahan pemandangan alamnya. Sehingga, dalam setiap harinya pengunjung terus berdatangan, meskipun Curug Panganten merupakan objek wisata baru yang ada di Kota Banjar.

# Lembah Pajamben

Bagi Anda yang suka dengan swaphoto atau foto narsis, bisa berkunjung ke Lembah Pajamben atau Pajamben Hill’s. Obyek wisata swaphoto ini berada di Dusun Pangasinan, Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar atau sekitar 4,5 meter dari Alun-alun Kota Banjar.

Daya tarik dari obyek wisata ini yaitu bisa melihat pemandangan alam Kota Banjar dari atas bukit. Lembah Pajamben ini memang sangat indah untuk berselfie di tempat Swafoto yang memiliki tinggi 7 meter dari Bukit Pajamben.

Pantauan HR Online beberapa waktu lalu, obyek wisata swaphoto ini dikunjungi dari berbagai daerah, seperti Tasikmalaya, Ciamis dan Majalengka, bahkan wisatawan mancanegara dari Jepang juga pernah datang.

# Puncak Pagerbatu

Sama seperti Lembah Pajamben, obyek wisata yang satu ini juga merupakan lokasi yang cocok untuk Anda penggemar swaphoto. Puncak Pagerbatu berada di Dusun Pagerbatu, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, dapat ditempuh sekitar 20 menit dari pusat kota atau hanya berjarak sekitar 8,6 kilometer. Hanya dengan membayar parkir yang sudah disediakan pemuda sekitar, pengunjung berjalan menuju lokasi sekitar 300 meter untuk mencapai lokasi.

Dengan menawarkan pemandangan alam dari atas puncak pegunungan, para pengunjung dapat melihat keindahan pusat Kota Banjar yang dikelilingi pegunungan di sekitarnya.

Meski baru berdiri, Puncak Pagerbatu sudah menjadi buruan muda-mudi untuk diabadikan baik diunggah ke media sosial maupun untuk koleksi pribadi.

# Curug Cibonte

Untuk Anda yang ingin berwisata di liburan panjang ini namun dengan suasana pedesaan yang masih asri untuk “ngadem”, Anda bisa berkunjung ke Curug Cibonte, yang berada di Dusun Cijambu, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

Obyek wisata dengan air terjunnya ini bisa menjadi alternatif untuk warga Kota Banjar dan sekitarnya yang ingin menyegarkan mata dan pikiran karena jenuhnya aktivitas sehari-hari. Pasalnya, Curug Cibonte ini suasananya hening dan tenang.

# Situ Leutik

Situ Leutik yang berada di Dusun Cijambu, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, kini menjadi destinasi wisata baru bagi warga untuk berekreasi. Selain menikmati suasana alam bebas, pengunjung juga bisa memanfaatkan fasilitas jogging track untuk berolahraga ringan.

Akses menuju lokasi Situ Leutik mudah ditempuh, baik dengan kendaraan roda dua maupun empat. Karena kondisi jalannya terbilang cukup baik untuk dilintasi. Untuk masuk ke kawasan situ, pengunjung tidak perlu membayar tiket sebab digratiskan oleh pihak desa setempat.

# Situ Mustika

Daya tarik dari obyek wisata Situ Mustika ini yaitu suasana hutan yang ada di sekitarnya, sehingga suasana benar-benar indah dipandang dan sejuk.

Berada di Desa Karang Panimbal, Kec. Purwaharja, Kota Banjar, selain “menjual” suasana hutannya, favorit dari Situ Mustika yaitu telaga buatan. Di tengah telaga buatan tersebut terdapat sebuah pulau kecil. Ada jembatan gantung untuk menuju ke pulau tersebut. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!