Terkait Foto Fitnah Wabup Ciamis, PDIP: Kami Tidak Menuduh Asep Ismail Bersalah

17/04/2017 0 Comments
Terkait Foto Fitnah Wabup Ciamis, PDIP: Kami Tidak Menuduh Asep Ismail Bersalah

Wakil Bupati Ciamis, H. Oih Burhanudin. Dokumentasi HR Online

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Ciamis Bidang Advokasi dan Hukum, Pendi Supendi, menegaskan, dalam berkas pelaporan ke polisi, pihaknya tidak menuduh Asep Ismail bersalah sebagai penyebar foto fitnah yang mendeskreditkan Wakil Bupati Ciamis, Oih Burhanudin. Menurutnya, terkait akun facebook Asep Ismail masuk ke dalam laporan, karena pihak kepolisian meminta bukti adanya postingan dan penyebaran foto tersebut di beberapa akun facebook.

“Awalnya, kami hanya melaporkan bahwa telah beredar foto fitnah di jejaring sosial facebook yang menyebut foto seorang pria yang mengenakan baju bergambar palu arit adalah Wakil Bupati, H. Oih Burhanudin. Dan kami meminta polisi untuk mengusutnya. Namun, saat pelaporan itu, polisi meminta bukti beberapa akun facebook yang  memposting dan menyebarkan foto fitnah tersebut,” katanya, ketika dihubungi HR Online, via telepon selulernya, Senin (17/07/2017).

[Berita Terkait: Hardolin’s Sesalkan Wabup Ciamis Laporkan KH Asep Ismail pada Kasus Foto Fitnah]

Kemudian, lanjut Pendi, pihaknya mencari akun facebook yang diduga sebagai orang pertama yang memposting foto tersebut. Selain itu, kata dia, pihaknya pun melampirkan bahwa foto fitnah itu sudah tersebar di akun facebook milik warga Ciamis.

“Nah, kami menemukan akun facebook Asep Ismail memposting dan membagikan foto itu ke akun facebook milik seorang Anggota DPRD Ciamis. Artinya, kami ingin membuktikan ke pihak kepolisian bahwa kabar bohong itu sudah sampai ke warga Ciamis dan semakin merugikan Pak Oih Burhanudin,” terangnya.

Dengan begitu, kata Pendi, pelaporan akun facebook atas nama Asep Ismail hanya untuk melengkapi bukti ke pihak kepolisian. Selain itu, dalam pelaporan itu pun tidak tendesius menuduh Asep Ismail sebagai salah satu pemilik akun facebook yang layak ditetapkan sebagai orang yang bertanggungjawab.

“Kita harus bisa membedakan antara kasus ITE di dunia maya dengan kasus pidana lainnya. Kalau kasus pidana pada umumnya, orang yang dilaporkan bisa jadi mendekati pelakunya. Tetapi dalam kasus ITE sedikit berbeda. Kami melampirkan pelaporan akun facebook Asep Ismail, sebagai data awal agar polisi bisa merunut dari mana foto fitnah itu berasal hingga menyebar ke akun facebook warga Ciamis,” ujarnya.

[Berita Terkait: Terkait Kasus Foto Fitnah, KH Asep Ismail: Saya Tidak Tahu Wajah Wabup Ciamis]

Pendi menambahkan, meski akun facebook Asep Ismail masuk ke dalam laporan, bukan berarti pihaknya mendesak ditetapkan jadi tersangka. Pihaknya, kata dia, hanya melampirkan fakta yang beredar di facebook terkait penyebaran foto fitnah yang sudah mendeskreditkan wakil bupati.

“Jadi, kami tidak bisa mendesak polisi harus mengusut siapa. Karena kami pun tidak bisa menelurusi secara pasti foto itu awalnya dari akun facebook siapa dan disebarkan oleh siapa saja. Untuk melacak hal itu merupakan urusan kepolisian, termasuk menetapkan siapa saja yang harus bertanggungjawab secara hukum dalam kasus ini,” ujarnya

“Kami hanya bisa meminta polisi agar mengusut tuntas kasus ini. Terkait kami menyerahkan bukti postingan dan penyebaran foto fitnah di beberapa akun facebook, itu permintaan polisi yang harus kami penuhi sebagai pelapor,” ujarnya.

Pendi juga mengatakan pihaknya sangat terbuka apabila Asep Ismail atau pihak pendampingnya ingin bertemu dengan Wakil Bupati Ciamis, Oih Burhanudin, untuk menempuh jalur kekeluargaan apabila terjadi kesalahpahaman.

“Pak Wabup saat ini sedang di luar kota. Saya akan sampaikan dulu terkait adanya pemberitaan di media massa yang menyatakan pihak dari Asep Ismail ingin silaturahmi untuk meluruskan kesalahpahaman. Tapi saya yakin Pak Wabup akan bersedia dan sangat terbuka untuk siapapun bersilaturahmi, termasuk akan bersedia menerima silaturahmi dan klarifikasi dari Pak Asep Ismail. Saya yakin Pak Oih bukan sosok seorang pendendam,” ujarnya.

[Berita Terkait: Masalah Wabup Ciamis dengan KH Asep Ismail Diminta Diselesaikan Kekeluargaan]

Sementara itu, Wakil Sekretaris PDIP Ciamis, Yogi Permadi, mengatakan, setelah muncul fitnah di jejaring sosial facebook yang menyebut foto seorang pria yang mengenakan baju bergambar palu arit itu adalah Wakil Bupati, H. Oih Burhanudin, kini membuat keluarganya tertekan secara pysikologis. Padahal, kata dia, Oih Burhanudin terlahir dari keluarga agamis dan taat dalam menjalankan perintah agama.

“Pak Oih itu seorang muslim taat dan terlahir dari keluarga Nahdatul Ulama (NU). Betapa terpukul keluarganya ketika muncul fitnah kejam yang mengaitkan Pak Oih dengan PKI. Dan hal itu harus dipahami oleh semua pihak,” ujarnya.

Yogi mengatakan, kasus ini dilaporkan ke polisi merupakan keputusan partai. Dipilihnya langkah hukum dalam menyelesaikan kasus ini, kata dia, sebagai bentuk ketaatan pihaknya kepada aturan hukum yang berlaku.

“PDIP adalah organisasi politik yang diakui secara hukum. Maka setiap langkah yang ditempuh pun harus bersandar pada hukum yang berlaku di negeri ini. Nah, laporan polisi yang kami tempuh sebagai bukti ketaatan terhadap hukum,“ ujarnya.

Yogi pun meminta kepada semua pihak agar menjaga kondusifitas politik di Ciamis. Jangan sampai, kata dia, ada pihak yang ingin memperkeruh dan merusak kondusifitas di Ciamis. “Kami tegaskan bahwa seluruh kader PDIP sudah diperintahkan untuk tunduk kepada aturan hukum yang berlaku dalam menyikapi permasalahan ini. Dan semua kader siap mematuhi intruksi tersebut,” tandasnya.

Karenanya, kata Yogi, pihaknya menyesalkan ada pihak yang mencoba memprovokasi dengan tujuan untuk merusak kondusifitas. “Kami menemukan salah satu akun facebook yang mencoba menghembuskan isu akan terjadi penyerangan dari kader PDIP ke salah satu terlapor kasus ini. Kami tegaskan itu tidak benar. Seluruh kader PDIP satu komando untuk taat kepada aturan hukum yang berlaku,” tegasnya. (Bgj/R2/HR-Online)

Berita Terkait

Foto Fitnah Wabup Ciamis Pakai Kaos PKI, PDIP Laporkan 3 Akun Facebook

Difitnah Mengenakan Kaos Bergambar PKI, Oih Redam Emosi Kader PDIP Ciamis

Foto Fitnah Wabup Ciamis Kenakan Kaos PKI Disebar oleh 5000 Pengguna Facebook

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!