Tingkatkan Mutu Guru, Disdikpora Pangandaran Gelar Sosialisasi Sertifikasi

27/04/2017 0 Comments
Tingkatkan Mutu Guru, Disdikpora Pangandaran Gelar Sosialisasi Sertifikasi

Kabid Pembinaan dan Ketenagaan Disdikpora Pangandaran, Usep Efendi. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dalam meningkatkan kualitas dunia pendidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Disdikpora menggelar sosialisasi sertifikasi guru dan pola Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).

Selain itu, Disdikpora juga menyampaikan program panduan pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) serta Perhitungan Angka Kredit (PAK).

“Ini merupakan wujud implementasi dari UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Di tahun 2017 ini, merupakan tahun ke sebelas pelaksanaan sertifikasi yang dilaksanakan di Pangandaran,” kata Kabid Pembinaan dan Ketenagaan Disdikpora Pangandaran, Usep Efendi, kepada Koran HR, Selasa (25/04/2017) lalu.

Menurut Usep, pihaknya mengaku terus melakukan perbaikan penyelenggaraan sertifikasi dari tahun ke tahun. Hal tersebut guna menghasilkan guru yang lebih baik. Khusus tahun 2017, Usep menyebutkan sertifikasi guru tersebut lebih apda mekanisme penyelenggaraan dan proses penetapan peserta dan calon peserta.

“Tahun ini tidak ada perubahan, yakni masih menggunakan batas minimal UKG seperti di tahun 2015 lalu,” jelasnya.

Lebih jauh, Usep menekankan bahwa sertifikasi pendidik tersebut harus dimiliki oleh guru yang professional sesuai amanat UU Guru dan Dosen serta sesuai dengan Peraturan Kemendiknas Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru.

“Ini tiada lain sebagai sarana untuk menunjang layanan pendidikan yang efektif serta efisien dan meningkatkan profesional serta kinerja guru di Kabupaten Pangandaran,” tegasnya.

Untuk sosialisasi PKG PKB dan PAK, sambungnya, Disdikpora berharap semua guru dapat bekerja dengan baik. Sedangkan pelaksanaan PKG, dilakukan oleh kepala sekolah maupun guru pembina yang ditunjuk oleh Disdikpora.

“Intinya, kita harapkan melalui sosialisasi PKG, PKB serta PAK ini guru bisa lebih baik dan professional lagi ke depannya,” pungkas Usep. (Ntang/R6/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!