Tumbuhkan Minat Baca Siswa, DPK Ciamis Gunakan Metode Story Telling

Tumbuhkan Minat Baca Siswa, DPK Ciamis Gunakan Metode Story Telling

Salah satu siswa saat mengikuti lomba story telling tingkat Kabupaten Ciamis beberapa waktu lalu. Photo: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Guna meningkatkan minat baca terhadap anak-anak, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis terus menggenjot dengan menggunakan metode bercerita story telling.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis, Titin, mengatakan, pihaknya tengah berupaya mengembangkan minat baca masyarakat, khususnya anak-anak, melalui metode tersebut.

“Kita juga sedang mencari untuk dipersiapkan maju pada tingkat Provinsi Jawa Barat menggunakan metode story telling ini. Selain itu, kami memandang metode ini cukup ampuh untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, terlebih untuk memanfaatkan buku-buku yang ada di perpustakaan sebagai referensinya,” kata Titin kepada HR Online.

Ia berharap, dengan meningkatnya kecintaan anak-anak maupun masyarakat terhadap buku, diharapkan daya pikir serta imajinasi terus berkembang. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan kecerdasan dalam berbagai bidang, baik cerdas secara emosi, sosial maupun cerdas dalam pengetahuan secara ilmiah.

Menanggapi hal tersebut, Elis, guru SDN Selacai, Kecamatan Cipaku, mengatakan, pihaknya sangat respon dengan adanya metode yang digunakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis. Sebab, dengan kegiatan tersebut siswa tidak hanya dituntut sebatas membaca saja, namun mereka dituntut untuk menceritakan apa yang mereka baca. Sehingga, ingatakan siswa terus diasah melalui metode tersebut.

“Story telling menurut kami merupakan seni dari sebuah keterampilan bernarasi dalam bentuk prosa maupun syair yang diceritakan maupun dinyanyikan seperti halnya bermain drama. Dengan hal inilah anak-anak akan paham dengan buku yang dijadikan rujukan. Kami sangat apresiasi langkah tersebut,” jelasnya. (Heri/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles