17 Makam Tergusur Akibat Pembangunan RS Langensari Banjar

28/05/2017 0 Comments
17 Makam Tergusur Akibat Pembangunan RS Langensari Banjar

Akses jalan yang akan dibuat untuk kepentingan pengiriman material pembangunan RS yang telah menggusur sekitar 17 makam di TPU Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar. Foto: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Tahapan pelaksanaan pembangunan Rumah Sakit Langensari di area lapang sepak bola Sanggabuana Keluarahan Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar ternyata memakan belasan makam di TPU yang tidak jauh dari lokasi pembangunan.

Menurut salah satu tokoh masyarakat setempat, Dede Sukur, pada awal tahapan pembangunan RS tersebut dibenarkan bahwa sekitar 17 makam tergusur. Sementara itu, makam yang tergusur dipindahkan ke lokasi yang masih berada di areal TPU Muktisari.

“Pemindahan makam dilakukan oleh warga yang dikomandoi LPM pada Jumat (19/05/2017) lalu. Sebelum pemindahan, kami menguhubungi dulu keluarga ahli waris dan Alhamdulillah tak ada masalah,” ucap dia yang juga selaku bendahara tim pembantu pihak ketiga dalam pelaksanaan pembangunan RS.

Sementara itu, Wakil Ketua LPM Kelurahan Muktisari, Eman Sulaeman, menambahkan, pemindahan sejumlah makam tersebut merupakan imbas pembangunan RS Langensari. Sedangkan LPM merupakan pihak yang ditunjuk untuk membantu proses tersebut oleh pengembang.

“Atas hasil pengerjaan pemindahan makam itu, kami dari LPM atau tim menawarkan RAB kepada pengembang sekitar Rp. 6 juta,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan salah satu anggota LPM Muktisari, Pendi. Menurutnya, adanya pemindahan makam tersebut guna membuka akses jalan pengiriman material pembangunan RS.

“Jika pengiriman material masuk lewat depan atau melalui kantor Kelurahan Muktisari dan SD jelas akan menggantu aktivitasnya. Maka, dipilihlah melalui belakang dan terpaksa ada beberapa makam yang tergusur untuk membuat akses jalan,” jelasnya kepada HR Online.

Perlu diketahui, kenyataan digusurnya belasan TPU tersebut bersebrangan dengan pernyataan Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, yang sebelumnya dalam kesempatan Musrenbang Kecamatan Langensari di Aula Desa Langensari pada Kamis (26/01/2017) lalu yang menegaskan bahwa TPU tidak akan ikut digusur.

“Saya pribadi tidak ada niatan akan menggusur atau memindahkan makam di TPU itu,” tegasnya.

Pernyataan senada sebelumnya juga dilontarkan Kabid Tata Ruang Dinas PU Kota Banjar, Maman Suryaman. Ia menegaskan, bahwa makam di tempat tersebut tidak akan ikut tergusur.

“TPU Muktisari bukannya akan digusur, tapi akan mendapat penataan. Soal adanya isu itu, ya karena waktu pengerjaannya yang dimungkinkan bersamaan dimulainya pembangunan rumah sakit. Jadi warga tak perlu khawatir,” katanya saat mengikuti forum OPD Musrenbang di Aula Bappeda Kota Banjar, Selasa (07/02/2017) lalu. (Nanks/R6/HR-Online)

Berita Terkait

Rencana Pembangunan RS di Langensari, Dinas PU Banjar Pastikan TPU Muktisari Tidak Tergusur

Akibat Pembangunan RS Langensari, Pemkot Banjar Tawarkan Pengganti Lapang Sepak Bola

Seklur Muktisari Tegaskan Pembangunan RS Langensari Banjar Harus Berdayakan Masyarakat

Bulan Ini, Pembangunan RS Type C di Langensari Banjar Dimulai

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!