401 Siswa SMAN 1 Banjar Lulus UNBK, Sebagian Besar Terserap di PTN

31/05/2017 0 Comments
401 Siswa SMAN 1 Banjar Lulus UNBK, Sebagian Besar Terserap di PTN

Kepala SMAN 1 Banjar (Jas Hitam) saat memberikan penghargaan kepada puluhan siswa kelas XII yang berprestasi dalam kegiatan pelepasan siswa beberapa waktu lalu. Photo: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 401 siswa SMAN 1 Kota Banjar berhasil lulus mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sebagian besar, lulusan SMAN 1 Banjar terserap di berbagai perguruan tinggi (PT) baik negeri maupun swasta favorit yang ada di Indonesia.

Menurut Kepala SMAN 1 Banjar, Ahmad Sobana, di sela-sela kegiatan pelepasan siswa XII, Rabu (24/05/2017) lalu, bahwa seperti di tahun-tahun sebelumnya siswa yang lulus dari sekolahnya tersebut mencapai 60 persen masuk ke perguruan tinggi. Sementara itu sisanya terserap dalam perusahaan maupun melakukan wirausaha secara mandiri.

“Target kita tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni mudah-mudahan mencapai 60 persen siswa kami masuk di perguruan tinggi. Kalau saat ini Alhamdulillah kita baru mencapai angka 29 persen melalui berbagai jalur pendaftaran yang disediakan baik oleh pemerintah maupun dari kampus,” ungkapnya kepada Koran HR.

Dari perguruan tinggi yang sudah menerima siswanya tersebut, kata Ahmad Sobana, antara lain Unpad, UNY, ITB Bandung, UPI Bandung, UIN Bandung, UII Yogyakarta, IPB Bogor, Unsoed Purwokerto, Unsil Tasikmalaya serta kampus lainnya yang mayoritas tersebar di Indonesia.

Ia menambahkan, untuk proses penerimaan siswa di tahun ajaran baru nanti, disesuaikan dengan regulasi dari Provinsi Jabar yang diantaranya pendaftaran siswa ditentukan dengan mekanisme pendaftaran online yang dibuka oleh Pemprov Jabar.

“Kita ikut provinsi saja hasil siswa yang berhasil diterima melalui pendaftaran online tersebut. Tapi, kalau melihat jatah, kita itu biasanya mendapatkan 12 rombongan belajar (rombel) dengan isi tiap kelas mencapai 36 siswa,” imbuh Ahmad Sobana.

Ia berharap, dengan lulusnya ratusan siswanya tersebut nantinya bisa membawa nama baik sekolah maupun daerah Banjar dengan berbagai prestasi yang membanggakan. Dengan semangat bahu-membahu alumni yang sudah menjadi tradisi sejak dulu kepada adik kelasnya, ia yakin bahwa lulusannya bisa menjadi orang-orang yang sukses serta bermanfaat bagi orang lain.

“Mudah-mudahan baik siswa yang masuk nanti ataupun yang sudah lulus, kami dari sekolah hanya mengaharapkan untuk selalu bekerjasama dalam kebaikan demi masa depan,” pungkasnya. (Muhafid/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!