Akibat Blank Spot, Puluhan Sekolah di Pangandaran Tak Bisa Gelar UNBK

03/05/2017 0 Comments
Akibat Blank Spot, Puluhan Sekolah di Pangandaran Tak Bisa Gelar UNBK

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- 

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP yang kini serentak digelar dan menjadi tren di tanah air ini, ternyata tidak semua siswa bisa mengikutinya. Seperti halnya siswa di sejumlah sekolah tingkat SMP yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan olahraga (Kadisdikpora) Kabupaten Pangandaran, Surman, kepada HR Online, Rabu (03/05/2017). Dia menyebutkan, saat ini di Kabupaten Pangandaran baru ada 8 sekolah yang sudah bisa menggelar UNBK.

“Dari 52 SMP di Pangandaran, baru 8 yang mengelar UNBK, sedangkan sisanya ujian biasa, sama seperti MTs. Bahkan, soal-soal Ujian Nasional tingkat SMP tersimpan di Disdik dan dijaga oleh aparat keamanan,” terangnya.

Surman juga menjelaskan, banyaknya sekolah yang tidak bisa menggelar UNBK salah satu faktornya adalah blank spot signal internet. Karena, tidak sedikit SMP di Kabupaten Pangandaran yang lokasinya berada di daerah terpencil, seperti daerah pegunungan.

“Di daerah tersebut signal untuk internet masih minim. Jadi, untuk tahun 2017 ini masih banyak sekolah yang belum menggelar UNBK. Adapun sekolah di daerah terpencil yang mengikuti UNBK, saat ini menggunakan modem,” jelasnya.

Meski demikian, UNBK tingkat SMP di Kabupaten Pangandaran hingga saat ini berjalan normal, dan kedepan pihaknya akan berusaha untuk menggelar UNBK di seluruh sekolah yang ada di lingkungan Disdikpora Kabupatan Pangandaran. (Ntang/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!