Begini Solusi Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Puasa

30/05/2017 0 Comments
Begini Solusi Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Puasa

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Pada bulan suci Ramadhan biasanya kondisi mengalami kekurangan cairan lantaran selama beberapa jam tubuh tidak mendapatkan asupan cairan. Salah satu akibatnya membuat bibir menjadi pecah-pecah dan kering.

Karena dirasa tidak nyaman, dan juga membuat kurang percaya diri, baiknya kita memperhatikan asupan makanan maupun cara agar bibir kita tidak kering meskipun saat puasa.

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang adalah memperbanyak minum air mineral pada saat buka maupun sahur. Ketika asupan air dalam tubuh normal, setidaknya delapan gelar dalam sehari, akan berdampak baik pada tubuh, termasuk menghindari bibir pecah-pecah maupun kering.

Selain langkah meminum air mineral yang cukup, bibir yang pecah-pecah perlu mendapatkan perawatan dengan eksfolisasi (pengangakatan sel kulit mati). Dilakukan setidaknya dua kali dalam seminggu menggunakan gula atau sikat gigi yang berbulu halus, Anda sebaiknya mengoleskan petroleum jelly sebelum menyikat bibir secara perlahan agar tidak mengalami luka.

Selain mendapatkan perawatan dari luar, agar bibir tidak pecah-pecah atau kering juga perlu mendapatkan asupan makanan yang sesuai, terutama yang mengandung kadar air tinggi seperti halnya timun, paprika, tomat, semangka, stroberi, apel maupun bayam. Agar lebih maksimal, hindari makanan yang mengandung lemak tinggi seperti halnya roti, keju, gorengan. Selain itu, hindari makanan yang asin dan pedas. Sebab, asupan cairan akan lebih terserap oleh garam yang berdampak bibir kering.

Terakhir, agar bibir tetap lembab bisa juga menggunakan madu. Caranya, oleskan madu pada bibir secara rutin sebelum tidur maupun saat sahur. Dengan sedikit pijatan lembut agar madu meresap, niscaya bibir Anda pada bulan yang suci ini tidak lagi kering atau pecah-pecah. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!