BHRD Banjar Umumkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Sabtu 27 Mei 2017

26/05/2017 0 Comments
BHRD Banjar Umumkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Sabtu 27 Mei 2017

Sejumlah elemen masyarakat saat menyaksikan prosesi ru’yatul hilal di Markas POB (Pusat Observasi Bulan) Gunung Babakan, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Badan Hisab dan Ru’yat Daerah (BHRD) bersama Kementrian Agama Kota Banjar menggelar Ru’yatul Hilal penentuan awal bulan Ramadhan di Markas POB (Pusat Observasi Bulan) Gunung Babakan, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jum’at (26/05/2017).

H. Undang Munawar, Kepala Kemenag Kota Banjar, mengatakan, sejak tahun 2009 silam kegiatan Ru’yatul Hilal sudah dijalankan oleh Kota Banjar guna penentuan awal bulan Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha. Meskipun sejak awal berjalan hingga saat ini rutin dilakukan, namun belum ada riwayat dari POB Gunung Babakan berhasil melihat hilal (bulan) yang mana sebagai tanda awal masuk bulan-bulan dalam kalender islam.

“Kalau yang pernah melihatnya katanya sudah ada, akan tetapi itu juga sebelum kegiatan ru’yatul hilal di Banjar digelar. Meski begitu, kita terus berikhtiar menjalani kegiatan yang bernilai ibadah ini. Dan hampir setiap kegiatan ru’yatul hilal hampir tidak semua POB dapat melihat hilal, jadi bagaimana kondisi di POB tersebut,” katanya.

Sementara itu, H. Badar Ismail, tim ahli BHRD Kota Banjar, mengungkapkan, meski pada penentuan awal Ramadhan di Kota Banjar kembali belum beruntung melihat hilal, namun upaya melalui metode hisab (perhitungan) menunjukan awal Ramadhan tiba pada Sabtu (26/05/2017) besok.

Dari hasil hisab, tutur Badar, Matahari terlihat dari POB Gunung Babakan akan terbenam pada pukul 17.37 WIB dengan arah 21’ 12’ 11.61 atau berada di utara titik barat. Sedangkan tinggi hilal pada Jum’at malam Sabtu, berada di 8’ 27’ 8.21 atau di atas ufuk mar’i (ufuk pandangan) dan arah hilal berada di 19’ 16’ 20.64 atau utara titik barat.

Kondisi langit yang menjadi titik munculnya hilal (bulan) tertutup awan hitam tebal sehingga hasil ru’yatul hilal di Kota Banjar belum berhasil. Foto: Muhafid/HR 

“Nah, posisi hilal itu 1’ 55’ 50.97 di selatan matahari dengan keadaan agak miring ke selatan dan lamanya hilal itu berlangsung selama 34,5 menit atau terbenam hingga pukul 18.11 WIB. Karena tadi kita ketahui bersama hilalnya tidak terlihat karena tertutup awan tebal, kita tetap melaporkan hal ini ke pusat. Sedangkan daerah lain juga menginformasikan mereka sudah melihat hilal dan pertanda awal Ramadhan dimulai besok Sabtu,” jelasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!