Biar Lebih Paham Aturan Lalin, Dishub Ciamis Gelar Pemilihan AKUT

11/05/2017 0 Comments
Biar Lebih Paham Aturan Lalin, Dishub Ciamis Gelar Pemilihan AKUT

Peserta kegiatan pemilihan Awak Angkutan Umum Teladan (AKUT/ Abdiyasa Teladan) saat mengikuti penyampaian materi dari BNN Kabupaten Ciamis. Photo : Dian Sholeh WP/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com), –

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan pemilihan Awak Angkutan Umum Teladan (AKUT/ Abdiyasa Teladan). Acara tersebut diikuti oleh 15 peserta, terdiri dari 10 pengemudi angkot dan 5 pengemudi angdes.

Kepala Dishub Kabupaten Ciamis, Ir. Nana Supriatna, Senin (08/05/2017) lalu, mengatakan, pelaksanaan pemilihan AKUT tingkat Kabupaten Ciamis dimaksudkan untuk memacu awak kendaraan angkutan umum agar lebih memahami peraturan berlalu lintas (Lalin).

Selain itu, Nana menjelaskan, kegiatan pemilihan AKUT juga dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa angkutan umum, sehingga fenomena permasalahan yang ada saat ini dapat ditanggulangi.

“Tujuan dari pemilihan AKUT tingkat Kabupaten Ciamis ini adalah memberikan pemahaman tentang tertib berlalu lintas kepada awak kendaraan angkutan dan penumpang umum. Serta untuk mendudukkan insan awak kendaraan umum sejajar dengan insan pembangunan lainnya. Yaitu dengan cara meningkatkan motivasi melalui pemberian penghargaan terhadap profesinya,” ujarnya.

BNN Sosialisasikan Bahaya Narkoba

Dari pantauan Koran HR, kegiatan digelar Dishub tersebut juga melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis. Pada kesempatan itu, BNN menyosialisasikan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

Kepala Seksi P2M BNN Kabupaten Ciamis, Deny Setiawan, S.Sos., M.M., menyampaikan, bahwa dewasa ini penyalahgunaan narkoba sudah semakin mengkhawatirkan. Untuk itu, diperlukan kerjasama semua pihak, termasuk awak angkutan untuk mengatasinya.

Pada kesempatan itu, Deny juga menjelaskan mengenai apa itu narkoba, jenis narkoba dan sanksi hukum yang diberikan kepada penyalahguna narkoba. Deny berharap awak angkutan dapat menyampaikan kembali informasi tersebut kepada keluarga dan lingkungan sekitar.

“Dengan begitu, akan terbentuk satu elemen masyarakat yang imun terhadap penyalahgunaan narkoba. Lebih-lebih para awak angkutan ini harus paham dan trampil dalam hal menolaknya,” tuturnya. (DSW/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!