Bisnis Toilet di Kawasan Wisata Pantai Pangandaran Menggiurkan

03/05/2017 0 Comments
Bisnis Toilet di Kawasan Wisata Pantai Pangandaran Menggiurkan

Salah satu usaha toilet umum milik warga pribumi yang tinggal di kawasan wisata Pantai Pangandaran. Photo: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Perkembangan wisata di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, sangat berdampak terhadap laju pertumbuhan ekonomi masyarakatnya. Bagi warga pribumi yang tinggal di kawasan obyek wisata pantai rata-rata menggantungkan hidupnya pada aktifitas wisata.

Diantara mereka banyak yang mulai berpikir untuk berinvestasi, salah satunya dengan membuka usaha jasa berupa toilet umum. Usaha tersebut terus menjamur di kawasan wisata Pantai Pangandaran.

Hasil yang didapat para pemiliknya pun sangat mencengangkan. Terlebih saat musim libur, mereka mampu meraup untung rupiah dari buang hajat para wisatawan. Meski begitu, namun sektor usaha toilet ini belum dilirik pemerintah untuk dijadikan sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Undang Sohbarudin, mengatakan hingga saat ini bisnis toilet tidak menjadi salah satu indikator PAD Pangandaran. “Belum ada aturan yang mengatur tentang retribusi atau pajak toilet. Mungkin ini bisa jadi bahan kami untuk bisa dibahas, mengingat geliat perkembangan pariwisata di Pangandaran sudah mulai meningkat,” katanya, Rabu (03/05/2017).

Undang menambahkan, banyak wisatawan yang memerlukan toilet umum di sekitar kawasan wisata. Sehingga hal itu dimanfaatkan masyarakat setempat, dan biasanya para pemilik usaha toilet tidak menentukan tarif, hanya seikhlasnya orang memberi. (Ntang/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!