Bulan Ramadhan, Lapas Ciamis Tingkatkan Kewaspadaan Gangguan Kamtib

26/05/2017 0 Comments
Bulan Ramadhan, Lapas Ciamis Tingkatkan Kewaspadaan Gangguan Kamtib

Para petugas Lapas Kelas II B Ciamis, saat menggelar acara munggahan dalam rangka menyambut Ramadhan 1438 H. Photo: Tantan Mulyana/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dalam menghadapi bulan suci Ramadhan 1438 H, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) di Lingkungan Lapas.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Lapas Kelas II B Ciamis, Gumilar Budi Rahayu, kepada HR Online, usai memberikan pengarahan kepada seluruh jajarannya, sekaligus menggelar acara munggahan di Kantor Lapas Kelas II B Ciamis, Jum’at (26/05/2017).

Dia menyebutkan, bahwa gangguan kamtib itu diantaranya adanya pelarian dari dalam Lapas atau Rutan, modus pengendalian peredaran narkoba yang dilakukan narapidana atau tahanan.

“Guna mengantisipasi hal itu, maka kami langsung memerintahkan kepada seluruh jajaran Lapas Ciamis ini untuk terus melakukan beberapa tindakan antisipatif, seperti peningkatan pengamanan dan kewaspadaan dengan menempatkan petugas pada pos-pos pengamanan yang ada dan melibatkan petugas staf guna membantu tugas pengamanan baik pada pagi, siang maupun malam hari,” terang Gumilar.

Dalam meningkatkan frekuensi, pihaknya melakukan penggeledahan secara rutin dan insidentil pada blok kamar hunian. Sedangkan, untuk meningkatkan pengawasan, pihaknya melakukan kontrol ke seluruh kamar hunian, termasuk juga untuk meningkatkan ketelitian dalam melakukan penggeledahan.

“Kegiatan ini sebagai upaya deteksi dini terhadap kemungkinan timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban. Agar tercipta suasana yang khidmat dalam pelaksanaan ibadah, serta selalu terawasinya setiap kegiatan, maka petugas kami terus mengikuti seluruh kegiatan amaliah Ramadhan, mulai dari buka puasa, terawih, tadarus, makan sahur dan pesantren kilat,” jelasnya. (Tantan/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!