Bupati Dukung Wacana Pengembalian Nama Ciamis Menjadi Galuh

12/05/2017 0 Comments
Bupati Dukung Wacana Pengembalian Nama Ciamis Menjadi Galuh

Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, menyatakan mendukung terhadap wacana pengembalian nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh yang diusulkan oleh kumpulan penggiat budaya atau yang mengatasnamakan ‘Galuh Sadulur’. Dia pun sepakat terkait alasan pengembalian Ciamis menjadi Galuh yang diharapkan membawa spirit perubahan sikap dan perilaku masyarakat.

“Pada prinsipnya kami dari pemerintah daerah sangat mengapresiasi usulan tersebut. Dan siap mendukung untuk memujudkannya. Hanya, sebelum melangkah pada usulan ke pemerintah pusat, harus dilakukan kajian ilmiah secara mendalam. Hal itu agar usulan pengembalian nama ini memiliki dasar yang kuat dan dapat diterima semua pihak,” ungkapnya, Rabu (11/05/2017).

Selain itu, lanjut Iing, wacana ini pun perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Hal itu agar masyarakat lebih memahami makna dan tujuan pengembalian nama Ciamis menjadi Galuh. “Memang tidak mudah untuk mewujudkan hal ini. Karena perlu proses yang panjang, termasuk mempersiapkan segala sarana dan prasarananya,” imbuhnya.

Iing menambahkan, apabila pengembalian nama Ciamis menjadi Galuh akhirnya terwujud, memang terdapat konsekuensi yang harus turut disesuaikan. Salah satunya harus dilakukan penggantian fisik Kartu Tanda Penduduk (KTP), perubahan papan nama dan penggantian dokumen serta administrasi pemerintahan.

“Namun yang paling prinsip apabila wacana ini terwujud adalah terjadi perubahan sikap dan perilaku masyarakat sebagaimana tujuan dari wacana ini. Selain itu, terdapat juga sisi baik lainnya, yakni mengangkat kembali citra Galuh,” ujarnya.

Iing mengaku pihaknya belum menganggarkan dana di APBD untuk proses penggantian nama Ciamis menjadi Galuh. Pasalnya, wacana ini sebelumnya tidak masuk dalam rencana program pemerintah daerah. “Wacana ini kan datang dari aspirasi masyarakat dan belum masuk ke dalam rencana program. Jadi, belum masuk dalam APBD,” ujarnya.

Meski begitu, lanjut Iing, proses pengembalian nama Ciamis menjadi Galuh bisa dimulai tahun ini dengan solusi menggunakan dana partisipasi dari berbagai pihak. (R2/HR-Online)

Berita Terkait

“Galuh Sadulur” Temui DPRD, Bahas Tindaklanjut Pengembalian Ciamis menjadi Galuh

Begini Fakta Sejarah Nama Galuh dan Ciamis Menurut Jubir Galuh Sedulur

Jubir Galuh Sedulur Nilai Penetapan Hari Jadi Ciamis Tidak Argumentatif

DPRD Respons Usulan Pengembalian Nama Kabupaten Ciamis Menjadi Galuh

 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!