Di Lakbok Ciamis, Pokja Kemendesa Ajak Kades dan Perangkat Diskusi Pembangunan

10/05/2017 0 Comments
Di Lakbok Ciamis, Pokja Kemendesa Ajak Kades dan Perangkat Diskusi Pembangunan

Kepala desa dan perangkat desa saat berdiskusi dengan Pokja Kemendesa PDTT di komplek Pondok Pesantren Roudlotul Huda Desa Kalapasawit, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis. Foto: Muhafid/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah kepala desa dan perangkat desa di Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis melakukan diskusi soal membangun desa dengan Pokja Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) di  komplek Pondok Pesantren Roudlotul Huda Desa Kalapasawit, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis.

Selain perangkat dan Kepala Desa, tenaga pendamping desa serta sejumlah aktivis juga hadir dalam diskusi yang dikemas cukup sederhana tersebut.

Yosi Suparyo, Pokja Kemendesa PDTT, menyampaikan, melalui UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 yang sudah diterbitkan pemerintah perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat, khususnya perangkat desa untuk mengembangkan serta memajukan desa lebih baik dari sebelumnya.

“Apalagi sekarang dana desa yang turun jumlahnya cukup besar untuk merubah wajah desa yang ada di Indonesia lebih baik,” katanya.

Untuk membuktikan proses pembangunan di desa bisa diketahui dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, lanjutnya, ia menghimbau dan mengajak Pemdes menyampaikan penyelenggaraan pembangunan, pemberdayaan serta lainnya kepada masyarakat dengan memasang berbagai informasi kegiatan maupun anggaran sebagai bentuk transparansi guna mempermudah masyarakat mengaksesnya.

“Kalau masyarakat tahu proses pembangunan serta informasi di desanya masing-masing, tentu saya yakin mereka akan semangat dalam membangun desa,” ucapnya, Selasa (09/05/2017).

Sejumlah Kepala Desa dan perangkat desa di Kecamatan Lakbok saat berfoto bersama Pokja Kemendesa PDTT. Foto: Muhafid/HR

Sementara itu, Nurudin Sahid, Kepala Tambakreja, mengatakan, selain membuahkan beberapa hal penting yang perlu dijadikan referensi dari diskusi tersebut untuk pengembangan desa, ia juga berencana akan kembali menggelar kegiatan serupa dengan melibatkan seluruh Kepala Desa yang ada di Lakbok.

“Tentunya ini sangat baik sekali. Sebab, kedatangan Pokja Kemendesa PDTT ke sini meskipun terbilang singkat dan mendadak, namun kami bisa menyerap berbagai informasi maupun referensi yang bisa kami terapkan melalui kebijakan di desa,” tegasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!