Disdikpora Pangandaran Berikan Penghargaan Guru Berpretasi

22/05/2017 0 Comments
Disdikpora Pangandaran Berikan Penghargaan Guru Berpretasi

Pemilihan guru berprestasi yang diselenggarakan Disdikpora Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangandaran menggelar pemilihan guru berprestasi tahun 2017 yang dimaksudkan sebagai bentuk perhatian pemeritah atas dedikasi guru dalam dunia pendidikan.

Menurut Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdikpora Pangandaran, Usep Ependi, mengatakan, kegiatan pemilihan guru berprestasi di Pangandaran sudah dilakukan secara rutin sejak tahun 2014 silam.

“Ini bentuk motivasi yang diberikan pemerintah kepada guru. Tentunya hal ini demi meningkatkan profesionalisme guru dan upaya mewujudkan pendidikan yang bermutu di Pangandaran,” katanya kepada HR Online, Sabtu (20/05/2017) lalu.

Ia menjelaskan, untuk kriteria penilaian guru berprestasi diantaranya dari portofolio, laporan kinerja guru, pelaksanaan pembelajaran, tes tertulis yakni kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, penilaian publikasi ilmiahatau karya inovatif, presentasi serta penilaian dari hasil wawancara. 

“Pemilihan Guru berprestasi ini dilakukan secara objektif, transparan, dan akuntabel. Guru yang terpilih benar-benar merupakan sosok guru yang profesional,” kata Usep.

Dengan pemilihan tersebut, sambung Usep, diharapkan dapat menjadi dorongan motivasi, dedikasi, loyalitas serta profesionalitas guru yang berdampak positif pada kinerja dan prestasi. Selain itu, prestasi yang dicapai guru tersebut juga dapat terlihat dari kualitas lulusan satuan pendidikan yang mampu melahirkan SDM yang berkualitas, produktif, kreatif dan kompetitif.

“Kita berharap terpilihnya guru berprestasi tingkat satuan pendidikan dan tingkat kabupaten ini dapat meningkatkan mutu guru dalam mencapai tujuan pendidikan nasional dan juga sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan terhadap Guru,” tambah Usep.

Penghargaan tersebut, kata ia, tertuang dalam UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 36 ayat 1 yang menyebutkan bahwa Guru yang  berprestasi, berdedikasi luar biasa,  dan atau bertugas di daerah khusus berhak memperoleh penghargaan.

Sementara dari informasi yang dihimpun HR Online, guru berprestasi tingkat kabupaten yang terbaik dari guru TK juara I diraih oleh Dede Heti Yuliawati dari TK Samudra, guru berprestasi terbaik SD juara I diraih oleh Siti Rohmah dari SDN 2 Cijulang, sedangkan guru berprestasi terbaik SMP juara I diraih oleh Karnih Ayuningsih dari SMPN 2 Parigi masing-masing diberi tropy piala dari pemerintah daerah melalui Disdikpora Kabupaten Pangandaran. (Mad/R6/HR-Onlie)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!