Disdkukcapil Pangandaran Siapkan 10.000 Blangko E-KTP Bagi Pemula

17/05/2017 0 Comments
Disdkukcapil Pangandaran Siapkan 10.000 Blangko E-KTP Bagi Pemula

Sosialisasi kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil kepada RW, kasi pemdes serta KUA se Kecamatan Cijulang di aula Desa Cijulang. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pangandaran menggelar sosialisasi kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil kepada RW, kasi pemdes serta KUA se Kecamatan Cijulang di aula Desa Cijulang, Selasa (16/05/2017).

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan data Disdukcapil Kabupaten Pangandaran, Andi Purnomo, mengungkapkan bahwa pihaknya menyiapkan blangko Print Ready Record (PRR) bagi pemula yang belum pernah sama sekali punya KTP sebanyak 14.545 sesuai data yang ada dari pusat. Sedangkan yang baru diterima sebanyak 10.000 blangko dan sisanya masih menunggu.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan data Disdukcapil Kabupaten Pangandaran, Andi Purnomo, menghimbau kepada masyarakat yang bukan pemula diharapkan untuk bersabar lantaran pihaknya tengah memfokuskan kepada pemula.

”Blangkonya baru untuk yang belum pernah punya KTP dulu. Untuk masyarakat yang lainnya Bupati bersama Pak Kadis sudah memohon ke pusat dan hasilnya nanti untuk DOB akan direalisasikan ditahun 2018,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Pangandaran, Tatang Suryana, memastikan bahwa pembuatan dokumen kependudukan tidak dipungut biaya. Ia mengajak masyarakat untuk sadar bahwa pembuatan dokumen itu sangat penting.

“Bagi masyarakat yang belum memiliki dan belum pernah membuat E-KTP kami harapkan untuk segera mencatatkan dirinya karena blangko sudah ada. Dan untuk proses pembuatan E-KTP itu gratis,” tegasnya.

Di lokasi yang sama, Kasi Pemerintahan Desa Batukaras, Karim, mengatakan, dirinya menyayangkan Disdukcapil tidak melibatkan RT dalam sosialisasi tersebut. Padahal, RT merupakan yang paling dekat dengan masyarakat.

“Meski begitu, saya berharap para RW yang hadir bisa mensosialisasikannya kepada RT di masing-masing tempatnya. Karena saat ini pembuatan E-KTP untuk pemula sudah tersedia, saya harap proses pembuatannya cepat,” katanya. (Mad/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!