Diserang Hama Tikus Lagi, Petani Pamarican Ciamis Kembali Terancam Gagal Panen

11/05/2017 0 Comments
Diserang Hama Tikus Lagi, Petani Pamarican Ciamis Kembali Terancam Gagal Panen

Samin, Petani Kertahayu saat menunjukkan tanaman padi miliknya yang dirusak hama tikus, Senin (08/05/2017). Photo : Suherman/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Hektaran tanaman padi milik petani di wilayah Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali diserang hama tikus. Akibatnya, para petani di wilayah tersebut terancam mengalami gagal panen.

Pantauan Koran HR di lapangan, serangan hama tikus tersebut terjadi sangat cepat dan sulit dikendalikan meski para petani telah berupaya membasminya. Terdapat tiga titik serangan hama tikus, diantaranya di Desa Kertahayu, Sukahurip dan Bangunsari.

“Sudah berbagai cara kami lakukan. Namun tikus-tikus ini tak merasa takut. Bermacam merk racun pun telah kami coba, namun hasilnya sama. Tikus disini malah makin menjadi serangannya,” kata Samin, petani asal Desa Kertahayu, Senin (08/05/2017) lalu.

Menurut Samin, sejak serangan hama tikus terjadi, dirinya langsung melakukan koordinasi dengan petugas UPTD Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) wilayah Kecamatan Pamarican. Namun bantuan obat-obatan dari BPP tidak mempan untuk menanggulangi serangan hama tikus.

Senada dengan itu, Sangidin, petani wilayah Kertahayu, ketika ditemui Koran HR, Senin (08/05/2017) lalu, mengatakan, pada musim kali ini hama tikus menyerang tanaman padi dengan rakus namun tidak menyeluruh.

“Serangan tikus saat ini sangat aneh. Tikus-tikus ini tidak menyerang semua lokasi, dari satu hektar paling ada sekitar 200 ubin yang dirusak. Saya juga heran, kenapa serangannya seperti ini,” terangnya. (Suherman/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!