Format MP3 Akan Dihapus, Begini Alasannya!

Format MP3 Akan Dihapus, Begini Alasannya!

Foto: net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Format file sebuah audio yang dikenal MP3 atau MPEG-1 Audio Layer dikabarkan akan segera tutup usia. Sebab, sang pemilik format tersebut telah menghentikan lisensi MP3 dari jagad teknologi.

Sebuah divisi penelitian di Jerman yang mengembangkan format tersebut, Fraunhofer Institute for Integrated Circuits, menyatakan keseriusannya untuk menghentikan format tersebut lantaran akan diganti dengan format yang lebih efisien, yakni akan menggunakan format ACC yang digunakan pada layanan streaming, radion maupun penyiaran.

“Layanan media paling canggih seperti halnya streaming atau penyiaran TV dan radio menggunakan codec ISO-MPEG modern yang mana masih keluarga AAC atau di masa yang akan datang ada format MPEG-H,” ungkap Bernhard Grill, Direktur Divisi Fraunhofer, seperti yang dilansir HR Online dari Daily Mail.

Ia menambahkan, bahwa format ACC saat ini menjadi standar secara de facto untuk format unduhan video music di ponsel. Sementara itu saat ini yang menggunakan format ACC adalah iTunes dan Spotify menggunakan Ogg Vorbis.

Meskipun akan dihentikan, namun bagi Negara Amerika maupun di Eropa format MP3 masih bisa digunakan atau terbebas dari lisensi paten. Pasalnya, MP3 memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan format lainnya.

Perlu diketahui, format MP3 sempat tenar pada tahun 2000-an. Namun, saat ini format tersebut mulai ditinggalkan penggunanya lantaran berpindah ke sistem streaming yang pertumbuhannya hingga 60 persen pada tahun 2016 dan aktivitas unduhan menurun hingga 20 persen. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles