Hadapi Ramadhan, Warga Dua Desa di Pangandaran Ini Bersih-bersih Astana Pasir Joho

21/05/2017 0 Comments
Hadapi Ramadhan, Warga Dua Desa di Pangandaran Ini Bersih-bersih Astana Pasir Joho

Warga dari dua desa di Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran saat membersihkan Makam Astana Pasir Joho. Foto: Aceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Menjelang bulan Ramadhan, warga Desa Pangakalan dan Desa Jayasari Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran beramai-ramai mendatangi pemakaman umum yang dikenal Astana Pasir Joho (Aspajo). Mereka melakukan bersih-bersih areal pemakaman sebagaimana kebiasaan menghadapi bulan puasa.

Selain menjadi tempat pemakaman umum yang digunakan warga dua desa tersebut, Aspajo juga dikenal karena terdapat beberapa makam yang diyakini adalah pemuka agama islam setempat sejak dahulu kala. Diantara makam tersebut ialah Makam Kiai Suherman, Makam Ajengan Suparman dan Makam Aki Idid uang merupakan sesepuh di Dusun Citarunggang.

“Aspajo merupakan Astana (pemakaman) tua yang ada di daerah ini. Jadi, bukan hanya pemakaman umum saja, namun ada tokoh agama islam yang dimakamkan di sini,” kata Bambang, salah satu warga kepada HR Online.

Sementara itu, Ruhiat, Juru Kuncu Aspajo, mengatakan, kebiasaan membersihkan pemakaman yang dilakukan warga merupakan kebiasaan sejak dahulu yang dimaksudkan sebagai simbol penghormatan untuk menghadapi bulan puasa.

“Jadi yang ikut bersih-bersih bukan hanya warga yang memiliki keluarga saja, namun warga yang tidak memiliki keluarga yang dimakamkan juga ikut bersih-bersih karena ini sudah jadi kebiasaan sejak dulu,” katanya. (Aceng/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!