Hama Tikus Serang Puluhan Hektar Sawah di Padaherang Pangandaran

20/05/2017 0 Comments
Hama Tikus Serang Puluhan Hektar Sawah di Padaherang Pangandaran

Petani saat membersihkan sawahnya yang terkena hama tikus dan akan menanam ulang padi. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Puluhan hektar sawah milik petani di Dusun Pangolahan, Desa Karangmulya, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran diserang hama tikus. Akibatnya, mereka harus mengulang kembali penanaman.

Munadiat, salah satu petani, mengatakan, seluas 10 hektar areal sawah milik petani diserang hama tikus secara membabi buta. Pasalnya, mulai batang hingga bulir padi rusak yang menyebabkan gagal panen dan merugi.

“Kami harap pihak PPL Kabupaten Pangandaran maupun Dinas Pertanian mau turun tangan untuk menangani soal ini. Apalagi dalam proses penanaman ulang kali ini para petani tidak ingin merugi kembali. Jadi, kita ingin ada solusi supaya tikusnya tidak lagi menyerang tanaman yang menjadi kebutuhan pokok kami,” katanya kepada Koran HR, Senin (15/05/2017) lalu.

Di lokasi terpisah, yakni di Blok Cilalay, Desa Kedungwuluh dan Desa Paledah Kecamatan Padaherang kondisinya belum bisa ditanami lantaran masih terendam banjir.

Menurut Kepala Desa Paledah, Sano, pihaknya sudah berulang kali menyampaikan keluhan warganya berkaitan dengan banjir yang membuat para petani tak bisa menanam padi kepada pemerintah. Namun, hingga saat ini belum juga ada titik cerah dari sola tersebut.

“Ratusan hektar belum bisa ditanami petani dan kita harap pemerintah mau turun tangan serta memberikan solusi agar masyarakat bisa sejahtera. Apalagi Padaherang merupakan lumbung padinya Kabupaten Pangandaran, bahkan nasional. Jika tetap seperti ini, tentunya kebutuhan pokok masyarakat bisa terganggu,” ujarnya. (Ntang/R6/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!