Harbuknas di Banjar, YRBK Ajak Masyarakat Budayakan Literasi Melalui Buku

14/05/2017 0 Comments
Harbuknas di Banjar, YRBK Ajak Masyarakat Budayakan Literasi Melalui Buku

Rampak baca dalam rangka memperingati Harbuknas di Sekretariat YRBK sebelum bedah buku “Transformasi Sang OB” bersama Hera Limaya. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Menyambut peringatan Hari Buku Nasional (Harbuknas) yang jatuh pada 17 Mei 2017 mendatang, Yayasan Ruang Baca Komunitas (RBK) menggelar beragam kegiatan di Sekretariat RBK bersama puluhan siswa dan guru dari berbagai sekolah dan tingkatan yang ada di Banjar, Sabtu (13/05/2017).

Yogarsiwayan, panitia penyelenggara, mengatakan, penyambutan kegiatan Harbuknas dimaksudkan untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya buku serta mengapresiasi buku sebagai gudang ilmu pengetahuan.

“Kita buat beragam kegiatan seperti halnya bedah buku langsung dengan penulisnya, rampak baca, seminar pendidikan, launching video Ayo Membaca dan refleksi Harbuknas. Mudah-mudahan saja dengan kegiatan semacam ini minat terhadap menulis buku maupun membaca buku meningkat,” katanya.

Sementara itu, Ketua YRBK, Siti Maro’ah, S.Sos., mengatakan, melalui peringatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terkait budaya literasi dimana keberadaan buku memiliki nilai strategis dalam proses peningkatan di dunia pendidikan, khusunya di dunia literasi.

Menurutnya,  Harbuknas merupakan momentum untuk melakukan refleksi dan evaluasi secara produktif dunia literasi, khususnya di Kota Banjar. Sebab, ia meyakini budaya literasi yang tinggi sangat berpengaruh pada kemajuan suatu daerah.

“Untuk itu, kita sengaja mengundang salah satu penulis buku yang merupakan asli orang Banjar dan beliau saat ini sudah sukses dalam peringatan ini. Tentunya ini sebagai upaya kita memotivasi para pelajar di Banjar,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan pendiri YRBK, Sofian Munawar, MA. Menurutnya, gerakan literasi harus mampu menumbuhkan kesadaran yang lebih besar, terutama memunculkan kesadaran bahwa budaya literasi merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat kita sebagai bangsa.

“Literasi adalah kunci kemajuan sebuah bangsa. Tanpa budaya literasi, sebuah bangsa akan mengalami stagnasi,” tegas Sofian.

Dari informasi yang dihimpun HR Online, pada puncak kegiatan Harbuknas, YRBK bersama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Bina Putera Banjar akan menggelar Seminar Pendidikan bertajuk “Buku dan Kemajuan Bangsa” di kampus Stikes BP pada Rabu (17/05/2017) mendatang. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!