Ingin Tahu Mana Ponsel Asli dengan KW? Ini Caranya

11/05/2017 0 Comments
Ingin Tahu Mana Ponsel Asli dengan KW? Ini Caranya

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Sekarang ini banyak beredar ponsel tiruan atau replika atau KW dari ponsel merek ternama. Selintas memang ponsel palsu yang dijual di pasaran mirip sekali dengan ponsel aslinya atau original. Sehingga orang yang awam terhadap ponsel akan akan sudah membedakan mana yang asli dan KW.

Akan tetapi jika Anda teliti sebelum membeli maka Anda tidak akan tertipu. Pasalnya ada perbedaan dari yang asli dengan palsu. Nah berikut ini cara membedakan mana ponsel original dengan yang KW.

# Periksa Dus Kemasan

Sebelum membeli ponsel sebaiknya terlebih dulu periksa dus kemasan. Ada perbedaan yang terlihat dari ponsel original dengan palsu. Dus kemasan ponsel yang diproduksi vendor resmi memiliki ciri kualitas cetak yang bagus, semua font atau huruf sekecil apapun bisa dibaca.

Cara menaruh ponsel di dalam kemasan pun sangat baik dan rapih sehingga tidak ada yang longgar. Selain itu, di sudut kemasan atau sambungan juga sangat sempurna.

# Perhatikan Bahan

Ponsel original dibekali dengan bahan baik itu karet, plastik maupun aluminium yang mempunyai kualitas tinggi. Mereka (produsen asli) tidak menghemat dalam hal material. Jika Anda perhatikan ponsel asli pada penutup plastik akan terlihat mulus, sempurna dan tanpa cacat.

Sedangkan yang KW, akan terlihat permukaannya tidak merata atau tidak sempurna. Pasalnya, KW menggunakan bahan plastik murahan.

# Baca Buku Panduan

Buku panduan ponsel apapun layaknya paspor. Penjelasan atau keterangan dari ponsel semua ada di buku panduan. Dan, jika kita membelinya di Indonesia, maka buku panduan tersebut harus ada dalam bahasa Indonesia. Apabila tidak ada bahasa Indonesia, maka ponsel tersebut merupakan hasil selundupan atau palsu.

# Perhatikan Logo Atau Font

Sekilas memang hurup atau logo dari yang asli dan KW akan terlihat sama. Padahal, jika periksa secara cermat maka akan ada perbedaan baik itu pada font atau hurup maupun hasil cetakannya.

Untuk ponsel yang original, pada logo dan huruf dari logo hasil cetakannya tidak akan mudah rusak atau luntur, tahan lama, dan mulus. Meski dalam durasi sampai beberapa tahun pun logo tersebut masih bisa dilihat dengan baik.

Sementara ponsel replika hasil cetakan logo mempuyai kualitas yang buruk, mudah mengelupas, bahkan ada yang salah dalam menentukan font atau huruf.

# Cek Charger

Langkah selanjutnya yaitu mengecek charger. Untuk yang original pada charger-nya terutama di bagian kakinya ada garis yang menonjol. Sedangkan yang palsu, bentuk colokan bawahnya mulus atau halus. Logam pada kakinya pun untuk yang asli dari bahan logam dengan kualitas yang sangat baik dan isolisasinya pun berkualitas. Pasalnya produsen resmi sangat mengutamakan keselamatan penggunanya.

# Cek Kabel Charger

Ponsel original mempunyai kabel charger dengan kualitas yang baik. Selain itu, colokan kabel charger yang asli terpasang sangat kuat di soketnya. Sedangkan yang KW pada soketnya akan terlihat tidak sempurna dan longgar.

Periksa juga pada bagian logo atau simbol USB pada kabel charger. Untuk yang asli kabel fleksibel, simbol atau logo “USB” mudah dilihat atau jelas, tidak luntur dan warnanya lebih ngedoff.

Pada bagian port USB pun jangan sampai ketinggalan. Charger yang original kelihatan lebih pendek dibandingkan yang KW. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!