Inilah Kebiasaan Pengguna Smartphone di Indonesia

02/05/2017 0 Comments
Inilah Kebiasaan Pengguna Smartphone di Indonesia

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Kemajuan di era digital saat ini membawa dampak atau perubahan terhadap budaya di masyarakat. Bahkan, data dari We Are Social, pemakai internet di Indonesia tembus 132 juta orang atau kurang lebih 51% dari jumlah penduduk Indonesia sekitar 262 juta. Itu merupakan bukti kemajuan teknologi.

Dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan internet baik lewat PC/Laptop maupun smartphone atau gadget lainnya, menimbulkan tren tersendiri di masyarakat Indonesia. Sebagai contoh tren belanja via online, masyarakat pun seolah-olah “latah” mengikuti. Dampaknya, semakin tingginya kebutuhan akan data kuota internet.

Lantas tren atau kebiasaan apa saja yang mayoritas orang Indonesia lakukan di era digital ini? Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

# Mengecek ponsel setiap 5-10 menit sekali

Hasil survei yang dilakukan Lazada di akhir tahun 2016 mengungkapkan, bahwa dari 2.000 pengguna ponsel, setengahnya melakukan cek ponsel setiap lima menit sekali. Kalau dihitung dalam satu hari sebanyak 100-200 kali.

Itulah mengapa masyarakat Indonesia sering disebut Nomofobia, yaitu suatu sindrom ketakutan jika tidak mengakses atau dipisahkan dengan telepon genggam kesayangannya.

# Senang memakai ponsel pintar made in China

Banyaknya pemintar smartphone di Indonesia, menjadikan negara kita sebagai “surganya” penjualan ponsel pintar. Meski terbilang banyak sekali pilihan dari berbagai vendor, namun Samsung buatan Korea ini tetap yang paling banyak dicari.

Namun jangan salah, berbagai inovasi dilakukan produsen smartphone. Mereka mengakali spesifikasi pas-pasan bahkan tinggi namun dijual dengan harga terjangkau. Seperti yang dilakukan produsen ponsel pintar asal China.

Dari hasil Counterpoint kuartal 3 tahun 2015, ponsel made in Tiongkok terus diminati masyarakat Indonesia. Mereka menguasai pangsa pasar smartphone di Indonesia sekitar 21%. Produk-produknya yang masih bertahan diantaranya Vivo, Lenovo, Oppo dan Xiaomi.

# Aktif dan jualan di medsos

Menurut riset We Are Social, Jum’at (21/4/2017), Indonesia saat ini berada di posisi ke-4 sebagai pengguna Facebook teraktif. Rinciannya yang aktif di media sosial sebanyak 106 juta orang.

Banyaknya pengguna media sosial di Indonesia merupakan peluang untuk melakukan bisnis. Banyak yang memanfaatkan baik itu lewat Facebook, Instagram atau media sosial sebagai bahan promosi dagangan atau jasa. Tidak aneh jika UKM banyak berseliweran di media sosial.  

# Demen unduh aplikasi gratis

Di awal tahun 2017, AppAnnie, perusahaan analisis aplikasi mobile mengungkapkan, Indonesia berada di rangking keempat dalam hal mengunduh aplikasi terbanyak di Google Play.

Namun jangan berbangga hati, sebab revenue dari Google Play Store, Indonesia tidak masuk 10 besar penyumbang. Artinya, masyarakat Indonesia demen aplikasi gratis, namun ogah membeli atau mengunduh aplikasi berbayar. Jadi jika Anda yang suka aplikasi gratisan jangan malu, sebab di Indonesia banyak yang mengunduh aplikasi tidak berbayar. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!