Insomnia? Coba Atasi dengan Tanaman Ini

07/05/2017 0 Comments
Insomnia? Coba Atasi dengan Tanaman Ini

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Tak dipungkiri, mengalami susah tidur pada malam hari atau insomnia memang sangat mengganggu, bahkan jika tidak segera diatasi akan membahayakan kesehatan.

Nah, jika Anda mengalami insomnia apa yang akan Anda lakukan? Jangan berpikiran pendek dengan solusi instan yaitu meminum obat tidur. Memang obat tidur akan membantu mengatasi masalah tersebut, namun jika mengkonsumsi dalam jangka panjang sangat tidak dianjurkan.

Ingat, obat tidur merupakan hasil dari kimia yang akan bisa mengakibatkan ketergantungan. Hasilnya, dari segi kuantitas Anda akan nyenyak tidur, namun dari kualitas sangat jelek untuk kesehatan.

Lantas bagaimana mengatasinya tanpa meminum obat tidur? Dikutip dari Boldsky, beberapa waktu lalu, solusi secara alami dengan tanaman yang dapat memberikan efek menenangkan, sehingga tidur malam hari pun menjadi nyenyak.

# Lidah buaya

Tanaman yang satu ini paling sempurna untuk disimpan di ruangan atau kamar. Pasalnya, lidah buaya dapat memancarkan oksigen pada malam hari, sehingga persidaan oksigen di dalam kamar akan meningkat. Cara tersebut sudah dilakukan oleh NASA, karena lidah buaya sebagai pemurni udara di ruang angkasa. Untuk merawatnya pun sangat mudah.

# Lavender

Sebuah studi mengungkapkan bahwa tanaman lavender bisa meredakan tangisan bayi dan membuat bayi jadi gampang tidur. Keharuman lavender ternyata berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, stres, memperlambat denyut jantung, dan rasa nyaman untuk tidur.

# Putri Malu

Jangan dipandang sebelah mata untuk tanaman putri malu atau bahasa latinnya Mimosa pudica. Tanaman yang sangat unik karena daunnya saat disentuh akan menutup ini sangat ampuh mengatasi insomnia.

Khasiat putri malu terletak pada daunnya yang lonjong dengan ujung lancip. Daun tersebut mengandung melatonin yang dapat memberikan efek penenang, relaksasi serta rasa kantuk dengan alamai.

# English Ivy

Sama seperti tanaman lidah buaya, English ivy mampu membersihkan ruangan. Tanaman hias yang mudah tumbuh di mana saja ini mempunyai khasiat untuk penderita pernafasan saat malam hari seperti asma.

Dari hasil penelitian, asma, alergi atau penyakit pernafasan lainnya yang sangat mengganggu tidur malam Anda, yang dipicu oleh polusi udara dapat dibersihkan udaranya sampai 95% oleh English ivy.

Sebagai catatan, tidak semua tanaman atau tumbuhan disimpan di dalam ruangan. Karena ada tanaman yang mengeluarkan karbon dioksida ke udara di malam hari. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!