Jadi Pelopor Kesehatan, Puluhan Siswa Ikuti Seleksi Dokcil di Puskesmas Kawali Ciamis

19/05/2017 0 Comments
Jadi Pelopor Kesehatan, Puluhan Siswa Ikuti Seleksi Dokcil di Puskesmas Kawali Ciamis

Para siswa saat mengikuti seleksi dokter kecil (Dokcil) di Puskesmas Kawali, Kabupaten Ciamis. Foto: Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Puluhan siswa dari SD, MI serta SLB mendatangi Puskesmas Kawali Kabupaten Ciamis untuk mengikuti seleksi dokter kecil (Dokcil), Kamis (19/05/2017).

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Kawali, Dr. Hedwico Ruchiano, seleksi Dokcil tersebut diikuti oleh 32 siswa yang terdiri dari kelas 3 dan kelas 4. Sebelum mengikuti seleksi, kata ia, peserta dipilih terlebih dahulu oleh guru di sekolahnya masing dan juga oleh teman-teman sekolahnya.

“Tentunya kami bermaksud mengedukasi para siswa untuk menjaga kesehatan dirinya masing-masing maupun mengajak orang lain peduli kesehatan. Dengan kegiatan semacam ini, siswa mampu memiliki keterampilan di bidang kesehatan yang beguna untuk dirinya maupun temannya,” jelas Dr. Hedwico kepada HR Online.

Adapun tugas serta kewajiban Dokcil, imbuh Dr. Hedwico, adalah mengajak serta mendorong siswa lainnya untuk bersama-sama menjalankan program kesehatan yang ada di sekolah masing-masing. Selain itu, Dokcil tersebut nantinya memiliki tugas membantu guru dan petugas kesehatan saat menyelenggarakan pelayanan kesehatan di sekolah.

“Seleksi Dokcil ini bukan hanya di tingkat kecamatan saja. Namun, peserta yang berhasil nantinya akan melanjutkan seleksi ke tingkat kabupaten. Mudah-mudahan ini merupakan program yang baik untuk masyarakat dengan mengedukasi siswa. Harapannya, mereka akan menjadi pelopor kesehatan baik bagi dirinya maupun kepada lingkungan sekitar,” pungkasnya. (Dji/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!