Jelang Ramadhan, Festival Adat Terbesar Siap Digelar di Ciamis

13/05/2017 0 Comments
Jelang Ramadhan, Festival Adat Terbesar Siap Digelar di Ciamis

Enam acara adat yang akan dihelat selama satu minggu penuh di Kabupaten Ciamis.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Menjelang bulan suci Ramadhan, festival adat terbesar siap digelar di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Event bernama Pesona Galuh Nagari 2017 itu akan berlangsung dari tanggal 19-25 Mei 2017.

Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti, di dampingi Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya Asdep Personal Kemenpar, Wawan Gunawan, Selasa (09/05/2017) lalu, mengatakan, dalam event tersebut, ada enam acara adat yang bakal dihelat selama satu minggu penuh.

Acara adat yang pertama adalah Jagir Festival digelar pada tanggal 19-20 Mei, bertempat di Desa Jayagiri, Penumbangan. Prosesi Jagir Festival dibagi dua sesi, siang dan malam. Pada siang hari akan menampilkan komposisi musik 500 suara terektek bambu. Kemudian, Pesta Rakyat Gubyag Tangkap Ikan, Perang Leutak, pentas seni Pencak Silat Lumpur Wargi Saluyu.

Selanjutnya, Upacara Adat Misalin tanggal 22 Mei di Dusun Tunggalrahayu, Desa Cimaragas, dilanjutkan Upacara Adat Ngikis di Situs Karangkamulyan, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing.

Kemudian, Upacara Adat Nyepuh digelar pada tanggal 23 Mei di Ciomas. Lalu, ada Upacara Adat Merlawu di Situs Gunung Susuru, Desa Kertabumi, dan terakhir Upacara Adat Merlawu II yang akan digelar 25 Mei di Situs Gunung Padang, Desa Sukaresik.

Pesona Galuh Nagari 2017 sengaja digelar Kemenpar untuk memunculkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Ciamis. Hal ini sangat penting lantaran Pesona Galuh Nagari merupakan atraksi pariwisata berbasis masyarakat. Sehingga, festival seperti ini perlu didorong lebih kuat supaya bisa menjadi daya tarik wisatawan. Karena, semakin dilestarikan maka akan semakin mensejahterakan.

Saat berada di Ciamis, wisatawan nantinya akan disuguhi dengan sajian budaya. Sedangkan, soal cultural value, Ciamis juga tidak kalah menarik dengan daerah lain, baik alamnya maupun kulinernya.

Selain itu, ada banyak atraksi wisata budaya dan religi yang siap menghibur wisatawan, diantaranya Bersih Desa Ngaruat Jagat, Pameran Bebegig Sawah, Rampak Kolecer, Pawai Obor, Pengajian, Dzikir Akbar dan Manaqib Qubro, Wisata Ziarah, Musik serta tarian religi.

Kemudian, untuk musikalitasnya akan didukung musik tradisi dan modern, serta musikalisasi puisi penyair Sufi Ridwan Ch. Madris. Sedangkan, unsur tari, sinden dan lawaknya akan diisi tari tradisi dan modern, lawak Aman Amin dan Bajidoran Balad Pandawa dengan menampilkan parade sinden dan penari cantik pesona mojang Priangan.

Ada pula Festival Kuliner Cita Rasa Pasundan, demo masak 100 nasi liwet, tumpeng yang akan dipandu Mojang Jajaka Ciamis, serta cara unik Ngampar Makan Bersama. Selain itu, akan diadakan Gelaran dan Karnaval Budaya yang menampilkan Bebegig Baladewa, Wayang Landung, Buta Kararas, Sisingaan, Kuda Bajir, komunitas pedagang ikan, komunitas motor hias dan motor cross, pesona pakaian adat nusantara, Angklung Dogdog dan Buncis.

Kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis ini, diharapkan bisa membuat culture di Tanah Pasundan semakin berkembang, dan menjadi milik masyarakat dunia. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!