Jelang Ramadhan, Polres Ciamis Bentuk Satgas Pangan

05/05/2017 0 Comments
Jelang Ramadhan, Polres Ciamis Bentuk Satgas Pangan

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Guna mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok jelang bulan suci Ramadhan, jajaran Polres Ciamis membentuk Satgas Pangan.

Hal tersebut disampaikan Wakapolres Ciamis, Kompol. Imam Rahman, kepada HR Online, saat ditemui di Mapolres Ciamis, Jum’at (05/05/2017). Menurutnya, menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, harga kebutuhan pokok, khususnya di pasar, akan mengalami kenaikan.

“Menjelang bulan suci Ramadhan, tidak jarang para tengkulak akan menimbun barang dagangannya. Untuk mencegah hal tersebut kami langsung membentuk Satgas Pangan,” ujarnya.

Iman menjelaskan, Satgas Pangan ini akan diterjunkan ke pasar guna memantau, khususnya dalam kenaikan harga. Khususnya memantau kecurangan yang dilakukan oleh oknum pedagang, tak terkecuali tengkulak.

Untuk teknisnya di lapangan, pihaknya telah bekerjasama dengan beberapa pihak dalam pemantauan harga, diantaranya unsur pemerintah daerah, POM dan Dinas Pertanian.

“Pemantauan ini dilakukan di pasar, terutama dalam hal harga bahan pokok yang melonjak tajam. Dengan melakukan inspeksi mendadak, maka seluruh Polsek ditugaskan untuk memantau harga di pasar yang ada di wilayahnya masing-masing,” terangnya.

Imam juga mengungkapkan, bahwa sampai saat ini banyak ditemukan adanya penimbunan sembako serta pangan. Menjelang bulan Ramdhan, pihaknya berharap tidak ada lagi penimbunan sembako.

Apabila dalam waktunya ditemukan hal tersebut, maka pelaku penimbun sembako akan dikenakan pidana sesuai dengan Undang Undang Perekonomian berupa penahanan maksimal 5 tahun.

Untuk itu, Imam menghimbau agar seluruh masyarakat harus berperan aktif dalam memantau harga kebutuhan pokok. Jika menemukan hal-hal yang mencurigakan, diharapkan masyarakat segera melaporkan kepada petugas Satgas Pangan.

“Masyarakat bisa langsung lapor, baik secara online maupun datang langsung ke Mapolres Ciamis, melalui Unit SPKT,” pungkasnya. (Tantan/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!