Ketahui Gejala Gagal Ginjal yang Sering Tidak Disadari

11/05/2017 0 Comments
Ketahui Gejala Gagal Ginjal yang Sering Tidak Disadari

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang gejalanya tidak banyak disadari. Akibatnya, penyakit tersebut sering terlambat ditangani.

Dengan mendeteksi dini gejalanya tentu akan membantu mendiagnosis penyakit gagal ginjal lebih awal. Sehingga, komplikasi yang mungkin timbul dari gagal ginjal bisa dihindari.

Dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah gejala-gejala gagal ginjal yang perlu Anda sadari:

Kulit terasa gatal dan ruam

Ketika penimbunan racun di tubuh meningkat, akumulasi ini dapat mengubah kualitas kulit Anda. Kulit menjadi kering, gatal dan ruam di mana-mana.

Terasa mual dan muntah

Anda akan merasa mual bila kelebihan racun dalam darah, dan hal ini membuat Anda ingin mengeluarkan akumulasi racun melalui muntah. Kondisi tersebut terjadi selama stadium lanjut gagal ginjal.

Sering buang air kecil

Mungkin Anda punya perasaan ingin buang air kecil lebih dari biasanya, terutama pada malam hari. Hati-hati, karena itu adalah tanda penyakit ginjal atau gagal ginjal yang mendasarinya.

Ada darah dalam urine

Biasanya ginjal menyaring darah serta kotoran dari tubuh. Namun, ketika ginjal gagal berfungsi dengan baik, maka sel darah akan mengalir ke air kencing. Karena itulah darah bisa ditemukan di urine dan ini salah satu gejala utama gagal ginjal.

Selalu merasa lelah

Bila Anda selalu merasa lelah, letih dan kekurangan energi, segera memeriksakan diri ke dokter. Karena, gagal ginjal merupakan penumpukan racun dan kotoran dalam darah, sehingga Anda akan merasa kekurangan energi.

Kram otot

Penumpukan racun dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan kram otot bila kadar kalsium dan fosfor rendah dalam tubuh.

Mata membengkak

Salah satu indikator gagal ginjal yaitu adanya protein dalam urine. Karena, semakin banyak protein yang terkuras dari tubuh ke dalam urine, semakin besar pula kemungkinan mata Anda akan membengkak.

Urine bergelembung

Gelembung berlebihan dalam urine adalah indikator terlalu banyak protein yang ada di dalam urine. Hal ini adalah gejala utama penyakit ginjal.

Tangan dan kaki membengkak

Jika ginjal mulai tidak berfungsi, lebih banyak sodium akan disimpan di dalam tubuh, dan hal ini akan menyebabkan pembengkakan pada kaki dan tangan.

Nafsu makan turun

Penumpukan racun secara berkala di dalam tubuh menjadi penyebab nafsu makan Anda menurun. Sebab, ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik, toksin tidak akan mengalir dengan baik, sehingga nafsu makan Anda jadi berkurang.

Itulah tanda-tanda gejala gagal ginjal yang perlu Anda sadari sejak dini. Semoga informasi ini bermanfaat ya! (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!