Khawatir Longsor, 2 Desa di Pangandaran Tolak Perhutani Lakukan Penebangan

12/05/2017 0 Comments
Khawatir Longsor,  2 Desa di Pangandaran Tolak Perhutani Lakukan Penebangan

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Warga Desa Bojongkondang dan Desa Pangkalan Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran menyatakan sepakat menolak penebangan kayu yang dilakukan Perum Perhutani. Mereka khawatir akan menimbulkan longsor serta membahayakan keselamatan warga, khususnya di sekitar lokasi penebangan.

Selain itu, mereka juga beralasan agar tidak menimbulkan kekeringan yang berdampak pada lahan pertanian milik warga, proyek jalan di sekitar lokasi juga rusak serta dampak negatif  lainnya jika penebangan tetap dilaksanakan.

Mereka mendesak, apapun bentuknya penebangan dan oleh siapapun yang melakukannya masyarakat tidak berkehendak atas hal tersebut. Apabila Perum Perhutani berdalih sudah memiliki izin dari salah satu oknum warga yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, masyarakat tetap kokoh menolak penebangan.

“Masyarakat itu membutuhkan kehidupan yang aman, nyaman, layak, damai, serta sehat. Mereka memiliki hak mempertahankan hutan di sekitarnya sesuai UU Nomor 32 tahun 2009 tentenga Perlindungan dan Pengolahan Lingkungan Hidup,” kata Ketua Yayasan Hejo, Dace, kepada Koran HR, Selasa (09/05/2017) lalu.

Surat Penolakan dari warga yang disampaikan Desa Bojongkondang dan Desa Pangkalan yang ditujukan ke pihak Perum Perhutani. Foto: Aceng/HR

Ia menambahkan, bahwa masyarakat berhak mengajukan usulan atau keberatan terhadap rencana usaha maupun kegiatan yang dapat menimbulkan dampak lingkungan hidup.

“Kami atas nama warga tidak pernah berhenti untuk terus memperjuangkan hak-hak yang seharusnya kami dapatkan, yakni perlindungan dari pemerintah hak memperoleh kehidupan yang aman. Untuk itu, kami bersama-sama menolak segala bentuk penebangan kayu yang dilakukan Perhutani,” tegasnya.

Dari informasi Koran HR, penolakan penebangan hutan tersebut kepada Perhutani langsung disampaikan melalui surat resmi dari Desa Bojongkondang dan Desa Pangkalan yang mana telah disepakati Camat, Kapolsek serta Danramil Langkaplancar. (Aceng/R6/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!