Kota Banjar Sudah Layak Punya SMK Seni

21/05/2017 0 Comments
Kota Banjar Sudah Layak Punya SMK Seni

Sejumlah siswa SMK dan SMP sedang latihan karawitan di salah satu rumah seniman yang ada di Kota Banjar. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Banyaknya minat siswa SMP yang memilih melanjutkan pendidikan kesenian ke luar daerah, salah satu tujuannya adalah Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Bandung yang kini menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 10 Bandung, maka sudah seharusnya Kota Banjar pun memiliki Sekolah Menengah Kejuruan Seni (SMKS). 

Siswa SMP yang akan melanjutkan ke sekolah seni karawitan di Bandung itu salah satunya adalah Festi (15). Ia mengaku ingin mengembangkan bakatnya di dunia seni karawitan sekaligus mendalami musik tradisional, khususnya tradisional Sunda.

“Cita-cita saya setelah lulus ingin melanjutkan ke SMKI Bandung, dan ini sudah mendapat restu dari orang tua,” ujar siswi di salah satu SMP favorit di Kota Banjar ini, kepada Koran HR, Minggu (14/05/2017) lalu.

Festi merupakan satu dari beberapa siswi SMP di Kota Banjar yang jika lulus nanti akan melanjutkan ke sekolah seni yang ada di luar Kota Banjar. Banyaknya minat siswa/siswi yang akan melanjutkan ke sekolah seni di luar Kota Banjar, mendapat tanggapan dari salah satu tokoh seni Banjar, Asep Sapaat (51).

Menurutnya, dengan semangat kaum muda yang ingin belajar memperdalam ilmu seni baik seni karawitan maupun seni lainnya, Kota Banjar sudah seharusnya memiliki Sekolah Menengah Kejuruan Seni.

“Saya yakin jika Banjar memiliki SMK Seni, siswa-siswi dari luar Banjar pun pasti belajar ke Banjar, karena menurut saya yang baru menonjol dalam bidang seni itu baru SMKN 2 Banjar saja, dan itu pun ekstrakurikuler. Meski ekstrakurikuler, namun SMKN 2 bisa membuktikan dengan meraih berbagai prestasi, khususnya di bidang seni, baik nasional maupun internasional,” kata Asep.

Dukungan harus adanya SMK Seni di Kota Banjar juga disampaikan Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjar, Dodi Hartadi. Menurutnya, jika Pemkot Banjar membangun sebuah SMK Seni, maka siswa dapat belajar kesenian melalui proses kreatif, yakni pembinaan kemampuan pemahaman konseptual sehingga terwujudnya berbagai segi seni.

“Saya sangat setuju kalau di Banjar ada SMK Seni, karena dalam hal ini siswa dapat belajar proses kreatif seni. Hal ini pun harus dilengkapi melalui pernyataan makna yang bisa menjelaskan secara logika, sehingga nantinya seni yang dibentuk hasil cipta karnyanya bisa menjadi formal dan ilmiah,” terang Dodi.

Senada dikatakan Plt. Kadispora Kota Banjar, Asep Setiadi, bahwa dengan adanya sekolah seni di Kota Banjar, nantinya bisa melahirkan seniman-seniman yang berkualitas. Selain itu, juga bisa menjadi daya tarik wisata.

“Saya pun setuju jika di Banjar ada SMK Seni. Sekolah seni bisa memiliki peran meningkatkan pariwisata dan nantinya  bisa melahirkan seniman-seniman profesional yang mampu bersaing di dunia seni dan dunia kerja, atau tenaga kerja yang mempunyai kualifikasi,” tukas Aseps Setiadi.

Dukungan serupa datang dari Wakil Ketua DPRD Kota Banjar, Nana Suryana. Dia menilai potensi-potensi seniman muda di Banjar tidak kalah dengan daerah lain. Bahkan, bibit-bibit seniman itu sudah membuktikan bisa mengharumkan Kota Banjar di kancah nasional melalui berbagai event seni.

“Kaum muda di Kota Banjar kini sudah mendalami dan mencintai seni tradisional, khususnya seni karawitan Sunda,” kata Nana.

Kini, para seniman muda dan masyarakat mengharapkan berdirinya Sekolah Menengah Kejuruan Seni di Kota Banjar. Semoga saja keinginan tersebut bisa cepat terwujud. (Hermanto/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!