Makam Kuno Ini Jadi Tempat Wisata Religi Umat Muslim di Rusia

27/05/2017 0 Comments
Makam Kuno Ini Jadi Tempat Wisata Religi Umat Muslim di Rusia

Makam Hussein Bek di Rusia. Photo: rbth.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Rusia dikenal sebagai negara komunis. Namun, ternyata ada sejarah Islam yang masih bisa ditemukan di sana sampai saat ini. Seperti adanya dua makam kuno yang dikenal sebagai makam dua ulama yang sempat menyiarkan agama Islam di Rusia, salah satunya makam Akzirat Muslim. Makam ini menjadi tempat sakral bagi umat muslim.

Dalam bahasa Baskhirian, Akzirat mempunyai arti sebagai kuburan putih. Makam tersebut sudah ada sejak abad 14 dan dibuat untuk Haji Hussein, imam pertama di Bashkiria. Makam itu masih terjaga dengan baik di kawasan ini.

Banyak yang mengatakan makam ini dibuat oleh kerajaan Timurid dari Timur Tengah, di mana dulunya dikenal sebagai Kota Samarkand. Tak jauh dari makam terdapat batu nisan dengan ukiran bahasa Arab dan dipercaya sebagai kuburan tentara Tarmelane.

Makam Hussein Bek menjadi salah satu spot wisata religi umat muslim saat datang ke Rusia. Lokasinya pun tak jauh dari makam Turukhan, yang juga menjadi tokoh muslim.

Dilansir dari rbth, Turukhan adalah seorang turunan dari Genghis Khan, yang menemukan kerajaan Mongol. Sejarah menjelaskan bahwa Turukhan juga seperti Hussein Bek, sebagai tokoh ulama di Rusia kala itu. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!