Melalui Maklumat, Bupati Ciamis Larang Rumah Makan Buka Siang Hari Selama Puasa

26/05/2017 0 Comments
Melalui Maklumat, Bupati Ciamis Larang Rumah Makan Buka Siang Hari Selama Puasa

Ilustrasi Rumah Makan. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Untuk menghormati, mengagungkan dan menjaga kesucian selama bulan suci Ramadhan 1438 H, Pemkab Ciamis bersama tokoh agama, tokoh ormas dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, menandatangani maklumat, di Aula Setda Ciamis, beberapa waktu lalu.

Dalam isi maklumat tersebut, diantaranya melarang pemilik warung makanan atau rumah makan dan sejenisnya melayani konsumen pada waktu puasa. Selain itu, warung penyedia makanan atau minuman hanya diperbolehkan melayani konsumen mulai pukul 15.00 WIB.

Sementara untuk Masyarakat non muslim atau yang tidak puasa karena berhalangan, diminta tidak makan atau minum saat siang hari di lingkungan masyarakat yang sedang berpuasa. Kemudian, penyedia jasa hiburan seperti tempat karaoke diminta tidak melaksanakan aktivitas selama bulan Ramadhan.

Bupati Ciamis Iing Syam Arifin, mengatakan, setelah dibuat maklumat tersebut diharapkan bisa dipatuhi guna menjaga kekhusyukan serta kesucian selama bulan Ramadhan. “Hal ini pun untuk menjamin rasa nyaman dan tertib kepada umat muslim yang menjalankan ibadah puasa,” ujarnya.

Iing juga berharap poin-poin yang dituangkan dalam maklumat bisa dijalankan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis. Dan maklumat itu pun akan disosialisasikan.

“Sosialiasi maklumat ini akan dikoordinasikan bersama TNI, Polri dan tokoh masyarakat. Kami berharap dengan adanya maklumat ini bisa menciptakan suasana tertib dan kondusif selama bulan ramadhan,” ungkapnya. (R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!