Menjelang Buka Puasa, Kawasan Pasar Bojongkantong Banjar Macet

31/05/2017 0 Comments
Menjelang Buka Puasa, Kawasan Pasar Bojongkantong Banjar Macet

Kemacetan di kawasan Pasar Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, saat menjelang buka puasa Ramadhan. Photo: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Momen menjelang buka puasa Ramadhan dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk berburu makanan maupun minuman berbuka. Tak hanya itu, “ngabuburit” juga menjadi hal yang lazim di Indonesia agar waktu buka serasa cepat dengan cara jalan-jalan.

Tradisi “ngabuburit” juga dimanfaatkan oleh para pengais rezeki untuk menawarkan dagangannya kepada masyarakat yang kebetulan melintas. Seperti yang terlihat di Pasar Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar.

Di tempat tersebut, ratusaan pedagang dadakan sejak awal menejelang buka puasa sudah membanjiri pinggir-pinggir Jalan Raya Banjar-Langensari. Bahkan, keberadaan mereka diiringi pula oleh tumpahnya masyarakat yang datang ke lokasi pasar hingga memacetkan jalan.

Dari pantauan Koran HR, Senin (29/05/2017) lalu, kemacetan yang terjadi di kawasan Pasar Bojongkantong ketika menjelang buka puasa sepertinya sudah menjadi hal wajar bagi masyarakat sejak beberapa tahun terakhir. Bahkan, sepanjang ratusan meter jalan yang berada di perempatan pasar tersebut kerap tidak bisa diurai kemacetannya.

Menurut Asep, warga sekitar, kemacetan yang terjadi menjelang bulan puasa di Pasar Bojongkantong disebabkan banyakanya masyarakat yang membeli jajanan di pinggir jalan, dan banyaknya kendaraan yang melintas saat itu.

“Itu kalau cuaca terang pasti macet. Tapi kalau hujan tidak mungkin macet karena yang beli jajanan bulan puasa juga berkurang. Biasanya yang menyebabkan macet itu selain sempitnya jalan, karena dipakai berjualan, juga karena tidak ada yang mengatur lalu lintas,” terangnya.

Asep juga mengatakan, karena kondisi tersebut, ada sejumlah warga yang rela mengatur lalu lintas agar tidak macet. Namun, para pengendara kerap tidak menghiraukannya sehingga kemacetan pun tak bisa dihindari.

“Kemarin saja di hari pertama puasa ada kecelakaan lalu lintas karena ada pengendara memacu kendaraannya cukup cepat dalam kondisi ramai. Akibatnya salah seorang pedagang mengalami pingsan. Kita harap ada petugas dari kepolisian agar kemacetan bisa terurai, dan kecelekaan jangan sampai terjadi lagi,” harapnya. (Muhafid/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!