Momentum Hardiknas, Ini Harapan Salah Satu Guru di Banjar

05/05/2017 0 Comments
Momentum Hardiknas, Ini Harapan Salah Satu Guru di Banjar

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap tanggal 2 Mei, menjadi momentum melakukan pembenahan dunia pendidikan.

Muhbaedah, salah satu guru di salah satu sekolah yang ada di Langensari, mengatakan, pendidikan merupakan hak dasar warga Negara yang memang sudah diamanatkan UUD 1945, dengan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Maka dari itu, selayaknya pendidikan hari ini bisa diberikan kepada masyarakat dengan kualitas yang baik dan jaminan biaya dari pemerintah tanpa melihat faktor usia, faktor jenjang pendidikan dan faktor ekonomi.

“Sekarang cukup memprihatinkan. Kondisi ekonomi yang buruk, serta lapangan pekerjaan yang sempit membuat sebagian masyarakat justru pesimis menyekolahkan anaknya lantaran ekonomi. Apalagi praktek pungutan liar di sekolah masih membayangi masyarakat,” ungkapnya.

Karena itu, ia mempertanyakan sikap pemerintah dalam upaya pencegahannya. Sebab, perhatian pemerintah dalam mengupayakan kualitasnya agar lebih baik lagi dirasa masih rendah.

Hal tersebut tercermin dalam upaya pemerintah yang hanya mengalokasikan 20 persen dari APBN untuk pendidikan, sedangkan 60 persen dari jumlah anggaran pendidikan digunakan untuk gaji guru.

“Ini yang menurut hati kecil saya adalah sebuah ironi. Maka dari itu, supaya di Banjar pendidikannya lebih baik, pemerintah harus bijak dalam mengetuk palu anggaran khusus pendidikan,” tandas Muhbaedah. (Muhafid/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!