Pasokan Berkurang, Harga Sayuran di Pasar Manis Ciamis Naik 10-20 Persen

17/05/2017 0 Comments
Pasokan Berkurang, Harga Sayuran di Pasar Manis Ciamis Naik 10-20 Persen

Patonah, salah seorang pedagang sayuran di Pasar Manis Ciamis. Harga sayuran di pasar tersebut kini mengalami kenaikan antara 10-20 persen. Photo: Tantan Mulyana/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Menjelang bulan suci Ramadhan, harga-harga komoditi khususnya sayuran di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengalami kenaikan. Kenaikan harga sayuran yang terjadi di Pasar Manis Ciamis mencapai 10-20 persen.

Menurut Patonah, salah seorang pedagang sayuran di Pasar Manis Ciamis, bahwa naiknya harga sayuran dikarenakan pasokan barang sangat terbatas, tidak seperti hari-hari sebelumnya.

“Semenjak beberapa hari harga sayuran dan bumbu dapur sudah merangkak naik. Seperti halnya harga bawang putih yang semula 40 ribu rupiah per kilogram, sekarang menjadi 55 ribu rupiah per kilogramnya,” terangnya, kepada HR Online, Rabu (17/05/2017).

Sedangkan, harga komoditi lainnya seperti kentang mengalami kenaikan dari per kilogramnya sebesar Rp1.000. Harga kentang sebelumnya Rp.15 ribu per kilogram, sekarang menjadi Rp.16 ribu. Begitu juga harga wortel, dari Rp.8.000 per kilogram kini menjadi Rp.10.000.

“Kenaikan yang paling mencolok adalah harga cabe merah dari 45 ribu rupiah kini menjadi 55 ribu rupiah per kilogramnya. Kami juga tidak tahu apa penyebab pastinya kenaikan harga sayuran saat ini, yang saya inginkan menjelang bulan suci harga harus relatif stabil,” ungkapnya.

Namun, Patonah menyebutkan para pemasok barang, khususnya dari Jawa, menginformasikan bahwa ketersediaan barang berkurang, sehingga memicu pada kenaikan harga saat ini. Selama bulan suci Ramadhan diperkirakan akan mengalami peningkatan.

Sampai sekarang di Kabupaten Ciamis permintaan barang masih belum mengalami peningkatan, bahkan cenderung masih sepi pembeli. Patonah mengaku, biasanya untuk persediaan bawang putih dalam sehari bisa mencapai 10 kilogram, tapi kini hanya 3 kilogram saja.

Henhen, pedagang lainnya, menambahkan, pasokan sayuran dari seluruh bandar kini semakin berkurang. Terlebih Pasar Ciamis bukan merupakan pasar induk, sehingga terkadang harga sedikit berbeda dengan pasar induk.

“Untuk kenaikan harga memang ada, tetapi masih wajar. Kemungkinan tiga hari menjelang puasa akan ada kenaikan lagi,” katanya. (Tantan/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!