Pemda Ciamis Siapkan Anggaran 5 Miliar, Tahun Depan SMP Bisa Gelar UNBK Mandiri

12/05/2017 0 Comments
Pemda Ciamis Siapkan Anggaran 5 Miliar, Tahun Depan SMP Bisa Gelar UNBK Mandiri

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pada tahun 2018 mendatang rencananya  Pemerintah Kabupaten Ciamis akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 5 miliar untuk pengadaan sarana dan prasarana pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Hal itu disampaikan Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, ketika ditemui Koran HR, saat memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di kampus SMP Negeri 3 Ciamis, belum lama ini.  

“Alhamdulillah saat ini seluruh siswa SMP, khususnya di Kabupaten Ciamis, sudah melaksanakaan UNBK 2017. Tetapi ada beberapa sekolah yang menumpang pelaksanaan UNBK di sekolah lain. Bahkan ada yang disatukan dengan sekolah lain karenakan keterbatasan sarana komputer,” katanya. 

Untuk mengatasi hal itu, Iing mengaku, pihaknya akan segera menganggarkan dana untuk pengadaan sarana dan prasarana penunjang fasilitas pelaksanaan UNBK. Dengan begitu, pada tahun 2018 mendatang semua SMP sudah bisa melaksanakan UNBK di sekolahnya masing-masing.

“Kami, pemerintah daerah, akan terus mendorong supaya seluruh SMP di Kabupaten Ciamis bisa melaksanakan UNBK secara mandiri,” ujarnya. 

Diakui Iing, tahu ini Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis sudah mengalokasikan anggaran program pengadaan komputer untuk SMA dan SMK. Namun karena saat ini kewenangan SMA dan SMK belarih ke Provinsi Jawa Barat, anggaran tersebut belum digunakan. 

Menurut Iing, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis sudah mempunyai rencana untuk menggunakan anggaran tersebut untuk program pengadaan komputer di SMP. Namun demikian, pihaknya terlebih dahulu harus mengubah Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

“Insyaalloh, mudah-mudahan tahun depan anggaran sebesar Rp. 5 miliar ini bisa cepat direalisasi dan cukup. Dikarenakan penyaluran anggaran itu hanya bisa untuk satu titik. Kami akan terus bekerjasama dengan SMA dan SMK agar pelaksanaan UNBK tahun depan lebih baik lagi, meskipun sudah di provinsi,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Iing mengungkapkan, pelaksanaan UNBK SMP dari hari pertama sampai dengan hari keempat berjalan dengan aman dan lancar. Menurut dia, Kabupaten Ciamis merupakan salah satu daerah paling banyak melaksanakan UNBK SMP di Jawa Barat. 

“Bukan hanya sekolah formal saja, untuk kesetaraan atau Paket B juga sudah menggunakan UNBK. Hal ini berkat kerja keras dari Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah untuk terus meningkatkan kualitas dalam dunia pendidikan. Tentu untuk kedepannya harus lebih baik lagi,” katanya. (Tantan/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!