Pemkab Pangandaran Terbitkan Surat Edaran, Harga Kebutuhan Pokok Dipatok

31/05/2017 0 Comments
Pemkab Pangandaran Terbitkan Surat Edaran, Harga Kebutuhan Pokok Dipatok

Pasar Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Guna menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok masyarakat di bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menerbitkan Surat Edaran Nomor 511.1/344.A/DPMPTSPKP yang ditujukan kepada Camat se-Kabupaten Pangandaran untuk melakasankan pendataan pelaku usaha distribusi barang kebutuhan pokok.

Selain itu, melaui Surat Edaran tersebut Camat dituntut melaporkan setiap seminggu sekali soal daftar kebutuhan pokok yang beredar di masyarakat. Bahkan, dalam surat edaran tersebut mengintruksikan kepada Camat, MUI, pelaku usaha dan masyarakat untuk melaporkannya apabila terdapat pihak-pihak yang menimbun barang.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koperasi, UMKM dan Perdagangan (DPMPTSPKP) Kabupaten Pangandaran, Tedi Garnida, mengatakan, melalui surat edaran tersebut pihaknya berharap semua elemen yang ada untuk mensosialisasikan agar tidak berlebihan dan menyimpan barang kebutuhan pokok yang memicu kelangkaan di tengah-tengah masyarakar dan berpotensi menimbulkan kenaikan harga.

“Jadi, surat ini ditujukan kepada para kepala desa, camat untuk melaksanakan pengawasan dan pendataan stok kebutuhan pokok masyarakat supaya jelas selama bulan Ramadhan ini dan Hari Raya Idul Fitri nanti aga. Tentunya hal ini agar tidak memicu kelangkaan dan kenaikan harga seperti tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya kepada Koran HR, Senin (29/05/2017).

Untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok di masyarakat, tambah Tedi, Kementrian Perdagangan RI mengambil kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) seperti Gula Pasir Rp. 12.500,-/kg dan minyak goreng kemasan sedang Rp. 11.000,-/liter kepada para pengusaha toko modern untuk selalu menyediakan barang tersebut dengan harga yang sudah ditetapkan.

“Harga tersebut sudah ditetapkan oleh Kementrian Perdagangan RI. Jadi, kepada para pengusaha toko modern jangan melebihi harga eceran tersebut dan dihimbau untuk selalu menyediakan barang kebutuhan pokok tersebut,” pungkas Tedi Garnida.

Dari data yang dihimpun Koran HR, pasokan di Pasar Parigi Kecamatan Parigi terdapat 3 barang komoditi yang mengalami kenaikan seperti beras dari Rp. 300 perkilogram  menjadi 500 perkilogram perminggu, telur dari Rp. 1.500 perkilogram menjadi Rp. 2.250 perkilogram perminggu, minyak dari Rp. 250 perkilogram menjadi Rp. 360 perkilogram perminggu. Sementara itru,  pasokan lain kenaikannya masih stabil seperti daging sapi Rp. 1.500 perkilogram, terigu Rp. 250 perkilogram, gula Rp. 1.000 perkilogram dan susu.

Adapun daftar harga kebutuhan pokok masyarakat yang berada di tiga pasar di Kabupaten Pangandaran, yakni Pasar Kalipucang, Pasar Pananjung, dan Pasar Parigi per 20 Mei 2017 seperti pada tabel di bawah ini. 

DAFTAR HARGA KEBUTUHAN POKOK MASYARAKAT

(Mad/R6/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!