(Pilkada Ciamis) Iing-Didi Sukardi Bersanding, Sekjen DPP PKS; Peluang Besar Menang

14/05/2017 0 Comments
(Pilkada Ciamis) Iing-Didi Sukardi Bersanding, Sekjen DPP PKS; Peluang Besar Menang

H. Mustafa Kamal, Sekertaris Jendral Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekertaris Jendral Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), H. Mustafa Kamal, menyebutkan, bahwa Pilkada Ciamis punya nuansa tersendiri, terlebih dengan adanya bakal calon Didi Sukardi dan juga Mamat Rahmat.

“Sosok bakal calon yang dimiliki PKS Kabupaten Ciamis sudah sangat mumpuni sekali, tinggal bagaimana bakal calon tersebut untuk menjalin komunikasi politik dengan partai lain dan juga bakal calon lain seperti dengan Pak Iing Syam Arifin,” ungkapnya saat jumpa pers setelah menghadiri acara Tarhib Ramadhan yang digelar PKS di Hotel Tyara Ciamis, Sabtu (13/5/2017).

Lebih lanjut, Mustafa menjelaskan apabila Didi bisa bersanding dengan Iing jelas akan menjadi kekuatan untuk PKS di Ciamis dalam memenangkan Pilkada. Artinya, peluang besar menang sudah bisa dipastikan apabila Iing Syam Arifin berpasangan dengan Didi Sukardi.

Dia mengatakan, Iing masih merupakan keluarga besar PKS dari KH. DR. Surahman Hidayat, MA dan dari kalangan pensantren. Sehingga, cymisterynya sudah bagus untuk menyatukan Iing Syam Arifin dan Didi Sukardi untuk bisa diwujudkan berpasangan dalam Pilkada Ciamis mendatang.

Dia menambahkan, menjelang Pilkada serentak, PKS sendiri saat ini terus menjalankan proses tahapan, terlebih waktu pelaksanaan masih cukup panjang. Sehingga akan cukup waktu dalam penentuan calon.

“Pengurus DPD PKS nantinya akan mengajukan nama-nama bakal calon yang selanjutnya diproses di tingkat provinsi. Setelah itu baru diserahkan ke DPP sebagai penentu calon itu sendiri,” jelasnya.

Meski PKS Ciamis sudah punya bakal calon sendiri, lanjutnya, ia mengatakan PKS tidak bisa berjalan sendiri. Karena hal itu tentu perlu adanya dialog dengan para petinggi partai lain untuk menjalin koalisi, bila perlu dengan semua partai politik yang ada.

“Saat ini PKS terbuka untuk menjalin komunikasi dan koalisi dengan partai lain,  hal itu tiada lain untuk memenangkan Pilkada seperti yang sudah terjadi di DKI, kita koalisi dengan Gerindra, Demokrat dan hasilnya menang. Sehingga, dinamika pusat bisa juga dijadikan bahan untuk di Ciamis dalam melakukan koalisi partai,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan ketua DPD PKS Kabupaten Ciamis, Dede Herli. Ia mengatakan, untuk bakal calon dari pihaknya sudah disiapkan, yaitu Didi Sukardi dan juga Mamat Rahmat. Akan tetapi karena waktu masih cukup lama, tegasnya, pada tahapan Pilkada PKS Ciamis harus terus melakukan penjajakan dengan partai lain.

“Calon sudah ada. Tinggal kami melakukan komunikasi dengan partai politik lainnya dan itu sudah kami lakukan seperti dengan Gerindra dan Demokrat. Hal itu dilakukan karena PKS Ciamis meski memiliki calon, tetapi hanya memiliki 4 kursi di DPRD Ciamis. Dan itu tidak cukup untuk mengusung calon. Artinya, harus melakukan koalisi dengan parpol lain,” ujarnya.

Terkait adanya rencana untuk menyatukan Iing Syam Arifin yang sekarang menjabat Bupati Ciamis dengan Didi Sukardi yang merupakan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Dede Herli mengaku masih terus berusaha.

“Itu nanti tergantung kesiapan para kandidat itu sendiri apakah siap berpasangan atau tidak,” pungkasnya. (Es/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!