(Pilkada Ciamis) Trian: Wacana Duet Iing-Oih Tidak Ada Kaitan dengan Golkar

03/05/2017 0 Comments
(Pilkada Ciamis) Trian: Wacana Duet Iing-Oih Tidak Ada Kaitan dengan Golkar

Spanduk dukungan terhadap pasangan petahana Iing Syam Arifin- Oih Burhanudin, untuk kembali berpasangan di Pilkada Ciamis tahun 2018, sudah banyak terpasang di sejumlah daerah di Kabupaten Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Terkait klaim yang diutarakan Ketua DPD PDIP Jabar, TB Hasanudin, yang menyebutkan sudah fix akan berkoalisi dengan Partai Golkar di Pilkada Ciamis dengan mengusung pasangan Iing Syam Arifin- Oih Burhanudin, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Ciamis, Slamet Triana, mengaku pihaknya belum mendapat kabar tersebut.

Hanya, kata Trian—sapaan akrab Slamet Triana—, DPD Partai Golkar Ciamis dengan DPC PDIP Ciamis belum melakukan komunikasi politik terkait penjajakan koalisi.

“Kalau sekarang muncul wacana Pak Iing Syam Arifin dengan Pak Oih Burhanudin akan berpasangan di Pilkada Ciamis, itu merupakan keputusan pribadinya dan tidak ada kaitannya dengan Partai Golkar. Karena hingga saat ini mekanisme penjaringan calon Partai Golkar baru akan dimulai dan belum melangkah pada koalisi,” terangnya, saat menggelar konferensi pers, usai rapat usulan bakal calon bupati dengan pengurus DPD dan pengurus kecamatan Partai Golkar, Selasa (02/05/2017).

Trian menegaskan, meski ada klaim dari PDIP sudah melakukan kesepakatan dengan pengurus Partai Golkar Jabar untuk menjalin koalisi, namun pihaknya tetap akan menjalankan mekanisme penjaringan bakal calon bupati. “Karena DPD Partai Golkar Jabar secara kelembagaan memerintahkan kepada kami untuk melakukan penjaringan bakal calon. Artinya, kami akan fatsun terhadap keputusan dan perintah secara organisasi,” tegasnya.

Menurut Trian, pihaknya justru belum melakukan komunikasi politik dengan PDIP untuk menjajaki kemungkinan koalisi. Malah saat ini pihaknya intens melakukan komunikasi politik dengan Gerindra, PAN, Hanura, PKB, PBB, PKS, Nasdem dan Demokrat.

“Tapi, bukan berarti kami menutup komunikasi dengan PDIP. Hanya fakta yang terjadi memang kami belum melakukan komunikasi secara kelembagaan dengan PDIP. Artinya, kami DPD Golkar Ciamis belum ada kesepakatan koalisi dengan parpol manapun,” ujarnya.

Ditanya apakah ada kemungkinan Golkar kembali menjalin koalisi dengan PDIP di Pilkada Ciamis tahun 2018 mendatang, Trian mengatakan, pihaknya akan mengikuti proses politik hingga masa akhir pendaftaran di KPUD. Artinya, kata dia, terlalu dini menyatakan kesiapan berkoalisi di saat masa pendaftaran calon di KPUD masih sekitar 8 bulan berselang.

“Kami mengikuti proses politik saja. Dan akan patuh kepada keputusan DPP Partai Golkar. Dengan begitu, Golkar bisa saja berkoalisi kembali dengan PDIP atau juga tidak berkoalisi. Hal itu tergantung pada perkembangan politik nanti,” ujarnya. (es/Koran-HR)

Berita Terkait

(Pilkada Ciamis) Tak Hanya Iing, Petinggi Golkar Minta Herdiat Juga Diusulkan

(Pilkada Ciamis) Meski Sudah Direkomendasikan, Iing Belum Dijamin Diusung Golkar

PDIP Klaim Sudah Sepakat Berkoalisi dengan Golkar di Pilkada Ciamis dan Banjar

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!