Puskesmas Parigi Pangandaran Buka Klinik ARV, ODHA; Kami Sangat Terbantu

10/05/2017 0 Comments
Puskesmas Parigi Pangandaran Buka Klinik ARV, ODHA; Kami Sangat Terbantu

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kabupaten Pangandaran, kini merasa lega karena pemerintah daerah telah menyediakan klinik layanan terapi Anti Retroviral (ARV) di Puskesmas Parigi, Kabupaten Pangandaran, untuk kebutuhan kesehatannya. Klinik tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, Senin (08/05/2017) lalu.

Pembukaan klinik ARV di Puskesmas Parigi, Kabupaten Pangandaran mendapat dukungan dari AIDS Healthcare Foundation (AHF) Indonesia, yang bekerja sama dengan sejumlah pihak, diantaranya Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, serta peran dari masyarakat melalui Yayasan Mata Hati sebagai penggiat pencegahan HIV/AIDS di Pangandaran.

Roy (bukan nama sebenarnya), salah satu ODHA yang telah mendapatkan layanan ARV di Puskesmas Parigi, mengungkapkan, dirinya merasa sangat terbantu dengan dibukanya layanan ARV di puskesmas tersebut. Sehingga, dia tidak perlu jauh lagi mendapatkan ARV ke RSUD Banjar.

“Tentu saja klinik ARV ini sangat membantu saya dan teman-teman ODHA lainnya yang ada di Kabupaten Pangandaran dalam melakukan pengobatan, baik secara waktu, materi juga tenaga,” ungkapnya.

Karena menurut Roy, setiap mengakses ARV ke RSUD Banjar, dirinya harus mengeluarkan biaya paling sedikit Rp.100 ribu untuk ongkos pulang pergi dan makan atau jajan. Kalau untuk obat ARV-nya memang gratis lantaran dia punya BPJS. Kemudian, dari segi waktu pun sangat menyita. Tak jarang Roy sampai di rumahnya pada sore hari.

“Atas dibukanya klinik ARV ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pangandaran dan pihak AHF yang telah membantu memfasilitasi kebutuhan saya dan juga teman-teman ODHA lainnya dalam mendapatkan layanan kesehatan. Mudah-mudahan pelayanannya juga diberikan secara maksimal,” harap Roy. (Eva/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!