Sepulang dari Malaysia, AA Bicarakan Konsep Penguatan Ekonomi Masyarakat Ciamis

17/05/2017 0 Comments
Sepulang dari Malaysia, AA Bicarakan Konsep Penguatan Ekonomi Masyarakat Ciamis

AA dan Robi Nurhadi membahas soal berbagai gagasan tentang pemberdayaan ekonomi masyarakat. Photo : Dokumentasi Ist/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Penguatan sector ekonomi menjadi salah satu konsen Anjar Asmara (AA) dalam membangun Ciamis ke depan jika ditakdirkan menjadi Bupati Ciamis 2018-2023. Pasalnya, AA berpandangan, jika pertumbuhan ekonomi bergeliat di semua tingkatan sampai ke level ekonomi kerakyatan, kesejahteraan dan indeks daya beli masyarakat akan terdongkrak naik.

Untuk itu, AA tidak berhenti mencari akses pinjaman permodalan bagi pelaku Industri Usaha Mikro Kecil Menangah (IUMKM). Salah satunya dengan melakukan lawatan ke Malaysia, menemui salah satu pentolan perusahaan elektronic Farenhart Malaysia-Indonesia, DR. Robi Nurhadi, pada lounching pabrik Farenhart di Sahalam-Malaysia, belum lama ini.

Pada kesempatan itu, AA dan Robi Nurhadi membahas soal berbagai gagasan tentang pemberdayaan ekonomi masyarakat. Menurut Robi, banyak celah untuk membantu meningkatkan akses pasar IUMKM Ciamis. Robi mengisyaratkan, celah itu bisa didapat dan diakses hanya oleh pemimpin yang jeli serta memiliki will terhadap IUMKM.

“Saya sepakat dengan konsep pemberdayaan ekonomi yang diutarakan Anjar Asmara bahwa untuk mewujudkan masyarakat madani salah satunya dengan perbaikan ekonomi. Kesamaan semangat ini membuat saya tertarik untuk menyokong Anjar baik dari sisi transformasi gagasan dan ide, maupun melalui sharing program,” katanya.

Robi mengaku sudah pernah beberapa kali berkunjung ke Kabupaten Ciamis. Menurut dia, konsep penguatan ekonomi yang dibahas AA merupakan gagasan yang cerdas dan tepat untuk menyejahterakan masyarakat.  

“Insyaallah Ciamis akan lebih bergairah dan maju jika sektor ekonominya bergeliat terus. Tidak ada alasan lagi untuk tidak mendukung pemikiran Anjar Asmara,” katanya.

Pada kesempatan itu, AA juga meninjau pusat kuliner yang ada di daerah Bukit Bintang dan pusat belanja ekonomi kreatif Pasar Seni di Kelantan Malaysia. Kegiatan usaha konsep sentralisasi itu juga menurut AA perlu diadposi. 

“Kita akan diskusikan bersama tim, membuat konsep sentralisasi untuk jenis usaha tertentu, seperti pusat kuliner dan pusat belanja berbasis potensi sumber daya usaha daerah,” kata Anjar.

Sementara itu, Agus Nurdin, salah seorang Kawan AA, mengatakan, langkah kongkrit membangun komunikasi dengan berbagai pihak berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat semakin menguatkan Kawan AA mendukung Anjar Asmara menjadi pemimpin di Ciamis.

“Belum jadi bupati gairahnya sudah kelihatan. Beberapa pengusaha diajak bicara dan diskusi, beberapa tokoh diajak diskusi, bertukar gagasan bagaimana memandirikan masyarakat Ciamis melalui pemberdayaan ekonomi. Konsep AA ini akan semakin mantap jika dia berposisi sebagai pemangku kebijakan (kepala daerah-red),” katanya. (Deni/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!