Smartphone Ini Diklaim Anti-Hack

01/05/2017 0 Comments
Smartphone Ini Diklaim Anti-Hack

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Jika kita menyimpan privasi data seperti rekening bank, informasi pribadi dan lainnya yang sangat penting di smartphone, sebaiknya smartphone tersebut benar-benar mempunyai sistem keamanan yang sangat baik.

Pasalnya, jika smartphone yang kita andalkan untuk menyimpan data penting tingkat keamanannya lemah, maka kemungkinan besar data tersebut bisa dibobol oleh para hacker.

Meski mereka (produsen smartphone) mengklaim bahwa produknya anti-hack, namun secanggih apapun smartphone tersebut pasti ada kelemahannya. Meski begitu, smartphone di bawah ini diyakin mempunyai tingkat keamanan lebih baik dibandingkan smartphone lainnya.

# iPhone 7

Smartphone yang satu ini diklaim mempunyai fitur privasi dan tingkat keamanan yang sangat baik. Memang, iPhone 7 beberapa kali pernah ada yang mencoba untuk membobol keamanannya atau men- jailbreak.

Jailbreak adalah komunitas para pengguna iOS atau iPhone yang tersembunyi atau “bawah tanah” yang tujuan mereka ingin meng-hack OS iPhone namun caranya tidak legal. Contohnya menjadikan iPhone bisa mengunduh aplikasi yang seharusnya bayar menjadi gratis.

Namun, smartphone buatan Apple ini menggunakan sistem operasi (OS) 10. OS tersebut diklaim tidak mempunyai titik celah serta ekstra aman. Fitur lainnya dari smartphone ini yaitu fitur fingerprint scanner.

# Sirin Solarin

Banyak yang beranggapan smartphone yang menggunakan sistem operasi Android rentan terkena hacking. Akan tetapi Sirin Solarin buatan Sirin ini mengklaim anti hack.

Dibuat tahun 2016, Sirin Solarin digadang-gadang ponsel pintar super high-end dengan keamanannya sangat canggih sampai sekarang ini, bahkan diklaim setingkat militer. Fitur keamanannya mampu melindungi dari serangan cyber.

Cara menggunakannya yaitu ada tombol Security Switch di bagian cover belakang. Jika tombol tersebut ditekan, maka secara otomatis mode perlindungan akan aktif.

Pengamanan setingkat militer tersebut karena smarphone ini dilengkapi enkripsi chip AES-256, yang konon hampir tidak dapat dihacker, karena untuk membongkarnya banyaknya kunci pada enkripsi.

# Blackphone 2

Blackphone 2 bukan hanya menjual fitur yang hebat, namun smartphone ini juga fokus terhadap keamanan data dan privasi user, terenkripsi, yang tidak jarang perusahaan-perusahaan oleh para hacker maupun lainnya.

Sistem yang digunakan oleh ponsel ini yaitu Silent OS, sistem operasi dengan basis Android. Sehingga nantinya pengguna akan terbebas dari bloatware serta tidak akan ada kebocoran informasi tanpa menghambat produktivitas si pengguna.

Enkripsi yang dipakai oleh Blackphone 2 yaitu Full Disk, artinya merubah semua data ke dalam kode yang sangat sulit dipahami. Ponsel ini juga akan melakukan dekripsi semua data, apabila Anda memasukkan PIN atau password.

# Google Pixel

Yang terakhir yaitu Google Pixel. Hampir sama dengan iPhone 7, Google Pixel juga dibekali fingerprint scanner.  Buatan Google ini mempunyai File Based AES-256 yaitu fitur enkripsi canggih. Sehingga setiap file dimungkinkan memakai kunci yang berbeda. Fitur lainnya dari ponsel pintar ini yaitu sandbox, yang fungsinya untuk memisahkan data pribadi. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!