Soal WannaCrypt, Microsoft; Segera Aktifkan Windows Update

15/05/2017 0 Comments
Soal WannaCrypt, Microsoft; Segera Aktifkan Windows Update

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Akhir-akhir ini malware wannacrypt menjadi buah bibir di sejumlah negara, termasuk di Indonesia. Ransomware jenis baru ini telah memakan korban dua rumah sakit di Indonesia, yakni RS Dharmais dan RS Harapan Kita.

Malware wannacrypt menyerang komputer berbasis Windows yang mempunyai kelemahan, terkait fungsi keamanan yang dijalankan pada komputer tersebut.

Windows Business Group Head, Microsoft Indonesia, Willy Hendrajudo, angkat bicara soal sistem Windows yang diincar teroris siber. Pihaknya menjamin para pengguna lainnya aman jika telah mengaktifkan Windows Update.

“Siapa saja yang menjalankan software antivirus gratis kami, atau telah mengaktifkan Windows Update akan terlindungi dari serangan cyber tersebut,” tandas Willy, Minggu (14/05/2017).

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan lain yang terjadi pada pelanggannya, yakni dengan merilis pembaruan baru untuk program Windows.

“Guna mengantisipasi kemungkinan dampak terhadap pelanggan dan bisnis mereka, kami pun telah merilis pembaruan untuk Windows XP, Windows 8, serta Windows Server 2003. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi blog Microsoft Security Response Center ‘Customer Guidance for WannaCrypt Attacks,’ jelasnya.

Sebagai informasi, aksi serangan siber yang menyasar sistem keamanan telah menginfeksi beberapa perusahaan, rumah sakit, juga sekolah di sejumlah negara.

Malware wannacrypt meminta dana tebusan supaya file yang dibajak dengan proteksi enkripsi bisa dikembalikan dan diakses kembali. Dana yang diminta berupa dana bitcoin, bila dikurskan setara dengan Rp.4 juta. Uang tebusan akan semakin tinggi apabila tebusan tidak segera dibayar. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!