Tanggul Anak Sungai Gunung Putri di Ciamis Kembali Jebol

31/05/2017 0 Comments
Tanggul Anak Sungai Gunung Putri  di Ciamis Kembali Jebol

 

Tanggul saluran anak Sungai Gunung Putri di Dusun Karangsari, Desa Bangunsari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali jebol. Photo : Suherman/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tanggul saluran anak Sungai Gunung Putri di Dusun Karangsari, Desa Bangunsari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali jebol. Akibatnya, sejumlah areal pesawahan yang sudah ditanami padi di mengalami kerusakan.

Petani yang enggan disebutkan namanya, mengungkapkan, tanggul tersebut jebol lantaran pendangkalan akibat lumpur. Kondisi itu membuat air dari saluran kemudian meluap dan merusak bahu tanggul.

“Tanggul ini sudah lama jebol. Tapi belum juga ada penanganan serius dari pemerintah. Kami tentunya berharap pemerintah secepatnya menangani kasus ini, agar kami tidak selalu mengalami kerugian,” katanya.

Kepala Dusun Karangsari, Karso, kepada Koran HR, Senin (29/05/2017) lalu, mengatakan, tanggul saluran anak Sungai Gunung Putri tersebut sudah jebol sejak 2 tahun silam. Pihaknya mengaku sudah berupaya melaporkan kejadian tersebut ke dinas terkait. Sayangnya, hingga saat ini belum ada respon maupun tindakan seperti yang diharapkan para petani.

“Sebenarnya warga sudah berupaya memperbaiki tanggul ini dengan cara membuat bronjong dari tumpukan karung. Tapi tidak bisa bertahan lama. Saat hujan datang tanggul ini kembali jebol,” ujarnya.

Kepala Desa Bangunsari, Subhan Hadi Suroso, saat ditemui Koran HR di ruang kerjanya, Senin (29/05/2017) lalu, membenarkan, pendangkalan saluran menjadi penyebab tanggul Saluran Anak Sungai Gunung Putri jebol.

Subhan mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis segera menerjunkan alat berat untuk melakukan pengerukan.

“Sebenarnya kami sudah bosan melayangkan surat maupun proposal ke PSDA Ciamis. Bagaimana tidak bosan, setiap ada kejadian kami selalu membuat laporan dan permohonan, tapi tidak juga direspon,” katanya. (Suherman/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!